Mau Liburan Akhir Oktober? Ada Badai La Nina..

Bagi masyarakat Indonesia yang akan menikmati liburan panjang pekan depan, ini imbauan Pemerintah. Badai La Nina berpotensi melanda wilayah Indonesia pada akhir Oktober 2020 ini.


Sehubungan hal itulah, Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen Doni Monardo mengimbau kepada masyarakat yang akan liburan ke luar rumah pekan depan, untuk waspada terhadap potensi cuaca buruk. 

"Kita dalam posisi menghadapi (Badai) La Nina dan risiko dalam menjalankan liburan di luar rumah, di alam terbuka tanpa mendapatkan informasi yang utuh atau lengkap tentang cuaca, ini juga punya risiko tinggi," kata Doni dalam talkshow melalui Youtube BNPB Indonesia, Rabu (21/10). 

Masyarakat yang hendak berlibur ke luar kota agar terlebih dahulu mencari informasi cuaca di tempat tujuan. Sebab, cuaca buruk di alam terbuka, seperti pantai, hutan, dan lainnya dapat mengancam keselamatan. 

Doni, seperti dilansir jpnn.com, mengimbau masyarakat tidak berlibur ke pantai mengingat potensi gelombang air laut begitu besar dan tidak aman. 

 "Di pantai-pantai sekarang terutama di beberapa provinsi yang sekarang cuacanya tidak menentu, ombaknya besar, terutama di Pantai Selatan dan ini juga berpotensi tiba-tiba tergulung ombak," ujar Doni. 

"Jadi ada banyak masalah nantinya yang akan terjadi ketika kita tidak mendapatkan informasi yang utuh, informasi yang lengkap tentang cuaca.Oleh karena itu, memilih (tempat liburan yang aman) itu sangat penting. Setiap keluarga diharapkan mencari tahu, kemudian berkoordinasi dengan banyak pihak tentang cuaca," tambahnya.

Selain itu, tentunya masyarakat juga wajib menghindari kerumunan dengan mengingatkan satu sama lain untuk tetap menjaga jarak guna mencegah penyebaran Covid-19.