1.494 calon PPS di Kabupaten OKU Ikuti Seleksi CAT

Ilustrasi/net
Ilustrasi/net

Sebanyak 1.494 peserta calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat kelurahan/desa di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) mengikuti seleksi Computers Asisted Test (CAT) yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat menjelang Pemilu 2024.


Ketua KPU OKU, Naning Wijaya mengatakan, seleksi yang digelar di SMK Negeri 3 OKU ini akan dilaksanakan selama lima hari ke depan.

Para peserta yang menjalani ujian seleksi calon badan Adhoc ini, kata Naning, sebelumnya telah dinyatakan lulus tahap administrasi yang dilakukan KPU OKU mulai 6-8 Januari 2023.

"Tes CAT ini dibagi 25 sesi setiap harinya. Untuk satu sesi diikuti sebanyak 55 sampai 63 orang peserta," ujarnya, Minggu (15/1)

Naning mengatakan, skor nilai CAT akan langsung keluar setelah peserta melaksanakan tes persesinya.

"Sesuai aturan dan Juknis yang ditetapkan, skor nilai akan ditempel di papan pengumuman dan langsung bisa dipantau oleh seluruh peserta," ungkapnya.

Menurutnya, para peserta yang lolos ujian nantinya akan diambil enam besar dari setiap desa/kelurahan yang diumumkan pada 15-17 Januari 2023.

"Setelah itu dilanjutkan dengan tes wawancara yang akan dilaksanakan pada 18-20 Januari 2023. Untuk pengumuman hasil tes wawancara tanggal 21-23 Januari dan pelantikan anggota PPS yang terpilih 24 Januari 2023," jelasnya.

Untuk mengantisipasi gangguan jaringan internet saat pelaksanaan tes CAT, Naning mengatakan jika pihaknya telah berkoordinasi dengan PT Telkomsel.

"Termasuk kami sudah bersurat ke PLN Baturaja agar tidak ada pemadaman listrik selama pelaksanaan ujian berlangsung. Jika pun terjadi pemadaman panitia telah menyiapkan mesin genset," pungkasnya.