Deru Bantu Bangun Kembali Rumah-rumah Korban Kebakaran

Gubernur Sumater Selatan H Herman Deru (HD)berjanji akan membantu warga korban kebakaran di Kelurahan Pasar Bawah, Kecamatan Lahat, Kabupaten Lahat. Mereka akan dibantu membangun kembali rumah-rumah yang ludes terbakar pada peristiwa kebakaran seminggu lalu .


Hal itu disampaikan gubernur yang akrab disapa HD ini saat melihat langsung lokasi kebakaran itu, Jumat (9/10).

Gubernur HD mengaku berduka dan prihatin peristiwa kebakaran yang terjadi, akan tetapi Dia memberikan semangat kepada para korban.

“Musibah ini merupakan pelajaran bagi kita semua. Tidak satupun dari kita yang menginginkanya, hal ini bukti ketidakberdayaan manusia. Inilah cara Allah mengingatkan kita semua, cara Allah menguatkan iman kita," kata Herman Deru di hadapan warga yang menjadi korban kebakaran.

Dia berharap, kejadian ini bisa menjadi pelajaran berharga sehingga tidak kembali terulang, dan Dia meminta para korban agar bersabar dan bangkit lagi.

Deru berjanji, Pemprov Sumsel bersama Pemkab Lahat akan membantu warga yang rumahnya terbakar untuk dibangun kembali, dan akan menata pemukiman sehingga lebih baik. Tak hanya itu, selama enam bulan warga akan ditanggung kebutuhan hidupnya.

Dia juga mengintruksikan agar warga yang tertimpa musibah itu dimudahkan dan digratiskan untuk pembuatan ulang dokumen penting seperti ijazah, SIM, buku nikah dan lainya.

"Saya intruksikan agar dokumen penting warga yang terbakar bisa kembali dicetak, dimudahkan dan digratiskan," tegas Deru.

Di tempat yang sama, Bupati Lahat Cik Ujang menyampaikan apresiasi atas kedatangan dan bantuan yang diberikan Gubernur Herman Deru.

"Dan kedepannya, Insya Allah bangunan yang terbakar akan di bangun Kembali, dan akan ada jalan mobil dan lapangan dengan bangunan rumah yang sama bentuknya," tukas Cik Ujang.[ida]