Serunya Wisata Durian di Lubuklinggau, Hanya Modal Rp 10.000

Kelurahan Ula Lebar di Kota Lubuklinggau merupakan salah satu tempat penghasil buah durian yang manis dan legit. (Ansyori/RMOLSumsel.id)
Kelurahan Ula Lebar di Kota Lubuklinggau merupakan salah satu tempat penghasil buah durian yang manis dan legit. (Ansyori/RMOLSumsel.id)

Belum lengkap rasanya kalau jalan-jalan wisata ke Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan tidak mampir ke kebun durian yang saat ini tengah musim.


Salah satunya yang wajib untuk dikunjungi yaitu ke kebun buah durian di Kelurahan Ulak Lebar, Kecamatan Lubuklinggau Barat II. Wilayah ini merupakan salah satu daerah penghasil durian terbesar di Lubuklinggau dan menjadi kampung buah durian, karena area kebun durian disini cukup luas.

"Saat ini durian yang keluar dalam sehari mencapai 15.000 buah dari Ulak Lebar," kata pengepul buah durian di Kelurahan Ulak Lebar, Wandi kepada RMOLSumsel, Sabtu (10/2).

Menurutnya, Kelurahan Ulak Lebar hampir sebagian besar banyak ditemukan kebun buah durian yang berada dibawah kaki Bukit Sulap. Sehingga tak jarang banyak pembeli termasuk wisatawan yang langsung mampir untuk datang membeli sekaligus menikmati durian dengan harga murah.

"Besar kecil semuanya Rp10 ribu, langsung dari kebunnya. Ada yang Rp50 ribu sudah dapat tiga buah durian," ujar Wandi.

Saat ini di wilayah Ulak Lebar tambahnya, sudah memasuki puncak musim buah durian. Dan musim durian sendiri kata Wandi sudah sejak setengah bulan ini. 

"Prediksi sampai bulan tiga (Maret) atau perkiraan sampai sekitar pertengahan," jelasnya. 

Wandi juga mengungkapkan, buah durian di Ulak Lebar keseluruhan merupakan jenis lokal. Dikenal dengan rasanya yang manis dan memiliki daging tebal. Dijual tidak hanya ke pasaran lokal seperti ke Palembang. Tapi juga sampai ke luar kota diantaranya pulau jawa, Jakarta, Jambi, Bengkulu dan Lampung. 

"Disini jenis durian lokal, tidak ada yang namanya Bawon atau Musang King, di sini semuanya durian lokal. Kualitas rasanya manis, tebal isinya," ungkapnya. 

Sementara itu Feri, warga Kelurahan Cereme Taba, Kota Lubuklinggau yang kebetulan dijumpai disekitar area kebun durian mengatakan, dirinya sengaja langsung datang kesini untuk membeli durian dengan harga murah. Apalagi durian yang dibeli langsung di kebunnya.

"Katanya kalau langsung beli disini lebih murah. Makanya disini banyak sekali truk-truk dari luar kota yang langsung nampung beli durian disini untuk dijual di luar Lubuklinggau,”ujarnya.