Palembang Pilot Project Langit Biru, Premium Tak Ada Lagi..

Kota Palembang jadi pilot project Program Langit Biru yang dilaksanakan Pertamina Region II Sumbagsel untuk wilayah Sumatera. Dengan ini masyarakat Kota Palembang bisa menikmati bahan bakar minyak (BBM) ramah lingkungan jenis Pertalite yang mendapat subsidi dari perusahaan negara tersebut.


Manager Communication & CSR Pertamina Sumbagsel Dewi Sri Utami menyampaikan, melalui Pprogram Langit Biru, maka nanti masyarakat Kota Palembang akan menikmati BBM Pertalite yang harganya sama dengan Premium.

"Khusus kendaraan bermotor roda dua, roda tiga dan angkutan umum (plat kuning), dapat menikmati harga Pertalite dari Rp7.850 per liter akan dikonversikan dengan harga Premium Rp6.450 per liter," ungkapnya usai audensi dengan Walikota Palembang H Harnojoyo, Selasa (6/10/2020).

Dipilihnya Kota Palembang, karena partisipasi masyarakat dalam penggunaan BBM ramah lingkungan cukup tinggi. Bahkan pada tahun 2019, Palembang mendapat predikat salah satu kota yang tingkat polusi udara rendah.

Dari 39 SPBU di Palembang akan ada 14 SPBU, yang masih jual Premium akan diganti ke Pertalite.

"Program ini akan dimulai pada akhir Oktober nanti, di mana 14 SPBU yang menjual Premium tidak akan menjual lagi BBM Premium sampai dengan Desember 2020," tuturnya.

Sementara itu, Walikota Palembang Harnojoyo menyambut baik Program Langit Biru Pertamina. Bahkan, pihaknya mengapresiasi perusahaan negara tersebut dalam mengurangi polusi udara di kota pempek ini melalui BBM ramah lingkungan yang disubsidi.

"Kira berharap tidak hanya kendaraan bermotor roda dua, roda tiga dan angkutan umum. Kendaraan roda empat (mobil) juga mendapat subsidi sehingga udara Kota Palembang jadi lebih bersih," harapnya.[ida]