Plt Bupati Muara Enim Dorong Fokus Penanganan Stunting dalam Temu Kerja TPPS se-Indonesia

Plt Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah/ist
Plt Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah/ist

Dalam upaya yang kuat untuk percepatan penurunan stunting, Plt Bupati Muara Enim, Ahmad Usmarwi Kaffah, turut serta dalam Temu Kerja Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) se-Indonesia yang diadakan di Hotel Wyndham, Kelurahan Jakabaring Selatan, Kecamatan Sungai Rambutan, Kabupaten Banyuasin pada Senin (3/7).


Acara tersebut dibuka oleh Staf Ahli Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) RI, Bidang Pembangunan dan Berkelanjutan, Agus Suprapto, dan membahas evaluasi capaian Semester I Tahun 2023 serta praktik baik dalam penanganan stunting di daerah.

Dalam kehadiran Kepala BKKBN RI, Hasto Wardoyo, dan Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru, pertemuan ini bertujuan untuk menyinkronkan upaya pemerintah dalam penurunan stunting agar dapat terimplementasi secara efektif di area fokus penanganan stunting.

"Peringatan Harganas tahun ini menjadi momentum yang tepat untuk memperkuat komitmen bersama akan peran penting keluarga dalam percepatan penurunan stunting," katanya.

Beliau menyadari bahwa keluarga memiliki peranan yang sangat signifikan dalam memberikan pengasuhan yang baik serta menciptakan lingkungan sanitasi yang memenuhi standar kesehatan.

Selain itu, Plt. Bupati juga menyaksikan peluncuran buku Stunting-pedia dari Tanoto Foundation yang dibuat sebagai panduan bagi pemerintah daerah dalam upaya penanggulangan stunting sesuai dengan kondisi di wilayah masing-masing.