Lonjakan Penumpang LRT Sumsel di Libur Idul Adha, Tembus 1,8 Juta Pengguna hingga Mei 2025

Penumpang LRT Sumsel. (ist/rmolsumsel.id)
Penumpang LRT Sumsel. (ist/rmolsumsel.id)

Lonjakan penumpang Light Rail Transit (LRT) Sumatera Selatan (Sumsel) terjadi selama libur panjang Hari Raya Idul Adha 1446 Hijriah.


Pada hari kedua libur, Sabtu (7/6/2025), tercatat sebanyak 12.826 pelanggan memanfaatkan moda transportasi tersebut, meningkat tajam sebesar 43,91 persen dibandingkan hari pertama libur, Jumat (6/6/2025), yang hanya mencapai 8.912 penumpang.

Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional III Palembang, Aida Suryanti, mengatakan peningkatan tersebut didorong tingginya mobilitas masyarakat dan pendatang dari luar kota Palembang yang memanfaatkan LRT Sumsel untuk berkeliling kota.

"Stasiun Asrama Haji, DJKA, dan Ampera menjadi tiga stasiun dengan volume penumpang tertinggi pada hari kedua libur panjang kemarin," kata Aida dalam keterangannya, Rabu (11/6).

Berdasarkan data, stasiun Asrama Haji tercatat melayani 2.635 penumpang, disusul Stasiun DJKA sebanyak 2.406 penumpang, dan Stasiun Ampera dengan 2.079 penumpang. Sementara itu, Stasiun Dishub menjadi yang paling sepi dengan hanya 103 penumpang.

Aida memperkirakan lonjakan penumpang masih akan terjadi pada hari ketiga libur panjang yang jatuh pada Minggu (8/6/2025), mengingat banyak warga memanfaatkan libur untuk mengunjungi pusat keramaian seperti Jembatan Ampera, Monpera, Benteng Kuto Besak, hingga Masjid Agung.

Tak hanya selama libur panjang, tren kenaikan jumlah pengguna LRT Sumsel juga terjadi sepanjang tahun ini. Tercatat hingga Mei 2025, volume penumpang mencapai 1.831.993 orang, atau naik 8 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang berjumlah 1.695.906 penumpang.

"Peningkatan ini menunjukkan bahwa LRT Sumsel semakin menjadi pilihan utama transportasi masyarakat untuk mobilitas dalam kota Palembang," ujarnya.

KAI Divre III Palembang bersama Balai Pengelola Kereta Api Ringan Sumsel (BPKARSS) juga terus berkomitmen meningkatkan kualitas pelayanan bagi pengguna. Aida mengimbau para penumpang untuk selalu menjaga ketertiban di area stasiun dan dalam rangkaian LRT, serta memastikan anak-anak selalu dalam pengawasan selama berada di area LRT.

"Kami terus berupaya memberikan layanan transportasi publik yang modern, aman, nyaman, dan tepat waktu bagi seluruh masyarakat," tutupnya.