Indonesia resmi menyaksikan lahirnya raksasa digital baru. PT XLSMART Telecom Sejahtera Tbk ("XLSMART" atau "IDX: EXCL") hari ini, Senin (21/4/2025), mengumumkan berdirinya sebagai entitas telekomunikasi terpadu hasil penggabungan kekuatan XL Axiata, Smartfren Telecom, dan Smart Telecom.
- TAG Tambah Armada Toyota Mobile Service untuk Penuhi Permintaan Konsumen
- Sumsel Berpotensi Ekspor 800 Ribu Ton Karet di 2025
- Kejutan Akhir Tahun, Pakai BI Fast di bank bjb Ada Promo Biaya Rp2.023
Baca Juga
Presiden Direktur dan CEO XLSMART, Rajeev Sethi, menyebut pembentukan XLSMART sebagai langkah strategis menuju masa depan digital Indonesia.
“Pembentukan XLSMART adalah langkah penting dalam mewujudkan tujuan kami, untuk menghubungkan setiap orang Indonesia untuk kehidupan yang lebih baik," ujarnya.
Menyatukan kekuatan XL Axiata dan Smartfren di bawah satu kepemimpinan dan visi bersama, XLSMART berambisi menjadi motor utama transformasi digital di tanah air.
Entitas baru ini akan tetap mengoperasikan merek-merek andalannya—XL, AXIS, dan Smartfren—untuk melayani pelanggan mobile, home broadband, UMKM, serta korporasi melalui layanan XLSMART for Business.
Dengan lebih dari 94,5 juta pelanggan dan pangsa pasar gabungan sebesar 25 persen, XLSMART langsung menjadi salah satu pemain dominan di industri. Proyeksi pendapatan proforma perusahaan diperkirakan mencapai Rp45,8 triliun.
“Setiap koneksi sangat berarti, dan kami berkomitmen memberikan layanan yang andal, inklusif, dan transformatif,” kata Rajeev.
Mulai hari ini, struktur Direksi dan Dewan Komisaris baru resmi menjabat, menandai era baru perpaduan kepemimpinan antara XL Axiata dan Smartfren.
“Ini bukan sekadar penggabungan perusahaan. Ini adalah lompatan besar untuk ekosistem digital Indonesia,” tegas Rajeev.
Mengusung identitas baru dengan logogram "Infinity World", XLSMART menggambarkan komitmennya terhadap kemajuan tanpa batas. Situs resmi perusahaan kini dapat diakses di www.xlsmart.co.id dan akun media sosial X @xlsmart_id.
Rajeev memastikan bahwa fokus utama XLSMART tetap pada pelanggan. "Kami membangun perusahaan yang lebih mendengarkan, lebih gesit bergerak, dan lebih cerdas dalam melayani. Baik di kota besar maupun wilayah pelosok, XLSMART hadir untuk memastikan setiap orang Indonesia memiliki akses terhadap teknologi dan jaringan yang bermakna," tuturnya.
Dengan semangat baru, XLSMART menargetkan menjadi perusahaan telekomunikasi yang paling dicintai di Indonesia pada 2027.
“Identitas baru ini tidak hanya mencerminkan siapa kami, tetapi juga apa yang ingin kami bangun—Indonesia yang berkembang dan unggul di era digital," pungkas Rajeev Sethi.
- Paket Umroh Plus dari XL Axiata, Bikin Selalu Dekat dengan Keluarga
- Raih Kinerja Keuangan Positif, XL Axiata Fokus Pada Inovasi dan Ekspansi Layanan
- XL Axiata Catat Lonjakan Trafik Data Selama Libur Nataru, Streaming Mendominasi