2.612 Calon PPS di Muara Enim Lulus Verifikasi Administrasi

Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Muara Enim. (Noviansyah/RMOLSumsel).
Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Muara Enim. (Noviansyah/RMOLSumsel).

Ketua KPUD Muara Enim, Ahyaudin mengatakan selama pendaftaran PPS ada sebanyak 3.344 orang namun yang lulus verifikasi administrasi ada 2.612 orang. "Nantinya akan dilanjutkan dengan seleksi secara tertulis pada 6-11 Januari dimana untuk Muara Enim akan dilaksanakan pada 8 Januari 2023," ujarnya.


Lanjutnya, untuk pelaksanaan ujian tertulis tersebut akan dibagi dalam tujuh zona agar mudah untuk diakomodir. "Zona 1 yakni Muara Belida, Gelumbang dan Kelekar dimana akan dipusatkan di Gelumbang. Zona 2 yakni Lembak, Sungai Rotan, Belida Darat yang akan dipusatkan di Lembak," bebernya. 

Lalu, Zona 3 yakni Empat Petulai Dangku, Belimbing, dan Rambang Niru yang dipisatkan di Rambang Niru. Zona 4 yakni Lubai Ulu, Lubai dan Rambang yang akan dipusatkan di Lubai.

"Zona 5 yakni Muara Enim, Ujanmas, Gunung Megang dan Benakat yang akan dipusatkan di Muara Enim. Zona 6 lawang Kidul, Tanjung Agung, dan Panang Enim yang akan dipusatkan di Lawang Kidul. Dan terakhir zona 7 Kecamatan Semendo Darat Laut, Semendo darat tengah dam semendo darat ulu yang akan dipusatkan di Pulau Panggung," terangnya. 

Setelah seleksi tertulis, kata dia, akan diambil enam orang peringkat tertinggi dari masing-masing desa dimana setelahnya pada 15-17 januari akan dilakukan wawancara untuk mengambil tiga besar. 

"Untuk di tahap ini bisa dilimpahkan ke PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) kalau memang KPUD tidak bisa mengkoordinirnya mengingat masih banyak tahapan yang masih harus dilakukan," ungkapnya. 

Lalu, pada 18-20 Januari 2023 pengumuman tiga besar dari masing-masing desa yang akan dilaksanakan pelantikan pada 24 Januari 2023. "Tiga orang dari masing masing 255 desa/kelurahan. Artinya total ada 764 orang PPS yang akan dilantik," tukasnya.