Mau Tau Nikmatnya Pindang Gabus Ala Umi Eka ? Ini Resepnya

Ikan gabus merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki kandungan gizi cukup tinggi. Ikan ini cukup populer disejumlah daerah, seperti di Palembang.


Seperti halnya jenis ikan-ikan yang lainnya, ikan gabus juga bisa diolah dengan berbagai macam varian menu. Mulai dari digoreng biasa hingga diolah dengan macam varian olahan dengan proses yang lebih rumit lagi.

Berbagai macam varian tentu akan memberikan cita rasa yang berbeda. Salah satu masakan yang bisa digunakan untuk mengolah ikan gabus ini adalah di pindang.

Pindang ikan gabus yang diolah dengan berbagai macam bumbu dan rempah tentu akan memberikan cita rasa sedap dan sedikit pedas yang akan menggoyang lidah.

Nah, seperti pindang gabus yang di masak oleh Umi Eka, ia memilih ikan gabus karena ikan tersebut mudah didapat serta ikan gabus diyakini sebagai obat untuk penyakit.

"Saya berjualan sudah lama ya, tapi kalau jualan pindang gabus baru beberapa bulan ini saja. Saya pilih gabus, karena bisa sebagai obat dan juga ini merupakan makanan khas Palembang," katanya sembari menyiapkan bumbu rempah, Sabtu (26/9).

Eka juga mengatakan, ikan gabus mempunyai sumber protein dan vitamin A. Selain itu juga mengandung asam arakidonat yang tinggi dan asam dokosaheksaenoat (DHA).

"Alhamdulillah lancar ya, tapi semenjak pandemi ini kita juga melayani via online," terang dia.

Ikan gabus yang ia masak dengan ukuran sedang, sehingga saat dimasak nanti dagingnya tidak mudah hancur dan ukurannya pas untuk orang berjualan.

Warung Umi Eka sendiri yang berlokasi di Jalan Sosial KM 5 setelah pasar Palimo.

Bagi yang ingin memasak pindang gabus atau yang baru belajar memasak, Umi Eka tak sungkan untuk membagi resep dan cara memasaknya, berikut bahan dan caranya.

Bahan :

- 1 ekor ikan gabus

- 1 ikat kecil kemangi

- 1 buah tomat besar, potong-potong

- 1 batang daun bawang, iris-iris

- 1 batang serai besar, di geprek

- 1/2 buah nanas ukuran kecil, potong-potong

- 2 lembar daun jeruk atau daun salam

- 10 cabai rawit

- garam secukupnya

- gula secukupnya

- penyedap rasa

- air secukupnya

Bumbu

- 5 siung bawang putih

- 8 siung bawang merah

- 15 buah cabai merah keriting

- 1 ruas kunyit

- 1 1/2 ruas jahe

- 1 laos

- 1 terasi (bisa juga yang telah di sangrai)

Cara memasaknya, siapkan bahan-bahan yang akan diolah. Bersihkan ikan gabus yang telah dipotong-potong. Haluskan semua bumbu, siapkan panci dan rebus air secukupnya. Masukkan bumbu yang halus hingg mendidih, masukkan potongan ikan gabus, serai, daun jeruk, garam, gula dan juga penyedap secukupnya. Biarkan hingga kuah sedikit menyusut dan semua bumbu meresap. Jika hampir matang, masukkan tomat, daun bawang, cabai rawit utuh, nanas dan juga kemangi, masak kembali hingga layu. Setelah itu koreksi rasa, jika sudah enak hidangkan untuk makan siang.

"Itulah resep pindang ikan gabus yang enak dan bergizi. Selamat mencoba dan berkreasi dengan menu resep masakan hari ini," tukasnya.