PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional III Palembang terus memperkuat komitmennya dalam meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api.
- KA Bukit Serelo, Layanan Kereta Ekonomi Bersubsidi Andalan Warga Sumsel
- KAI Palembang Tingkatkan Kenyamanan Penumpang dengan Layanan Lost and Found
- Dari Makanan Hingga Perhiasan, KAI Palembang Amankan 68 Barang Tertinggal di Kereta dan Stasiun Senilai Rp131 Juta
Baca Juga
Di tahun 2024, perusahaan ini melakukan penggantian material pada prasarana jalan rel sebagai bagian dari upaya berkelanjutan untuk memberikan pelayanan terbaik serta menjaga keandalan operasional kereta api di Indonesia.
Sepanjang tahun 2024, KAI Divre III Palembang telah berhasil mengganti rel sepanjang 131.500 meter. Selain itu, terdapat penggantian rel cascading sepanjang 17.046 meter, pemasangan 2.351 batang bantalan sintetis pada konstruksi jembatan baja, serta penambahan balas sebanyak 61.060 m³ yang turut memperkuat stabilitas dan daya tahan jalur rel. Tak hanya itu, KAI Divre III Palembang juga mengganti 84 unit wesel baru dan 1 unit wesel cascading, yang berfungsi penting untuk memastikan perpindahan jalur kereta api yang aman.
Manager Humas KAI Divre III Palembang, Aida Suryanti menyatakan, penggantian material ini adalah langkah strategis untuk memastikan perjalanan kereta api yang lebih aman, efisien, dan andal.
"Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan infrastruktur demi kenyamanan dan keselamatan pelanggan. Langkah-langkah ini mendukung KAI dalam menggerakkan transportasi berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat," ujar Aida.
Aida menambahkan, seluruh program penggantian rel dan wesel dilaksanakan dengan mematuhi standar keselamatan yang ketat dan prosedur operasi yang teruji. Langkah ini juga seiring dengan peningkatan frekuensi perjalanan, kecepatan kereta api, dan ketepatan waktu perjalanan (on time performance). Perawatan prasarana yang berkelanjutan menjadi kunci dalam mendukung keselamatan operasional perjalanan kereta api.
Selama tahun 2024, KAI Divre III Palembang berhasil mengangkut 29.198.824 ton barang, mengalami peningkatan 11,8% dibandingkan tahun 2023 yang mencapai 26.103.406 ton. Dari sektor penumpang, KAI Divre III Palembang melayani 1.036.681 pelanggan, meningkat 10,8% dibandingkan tahun 2023 dengan jumlah 935.289 pelanggan.
"Perawatan prasarana merupakan aspek strategis untuk menjaga keselamatan dan memberikan layanan terbaik. Dengan pencapaian ini, kami berharap dapat terus mempertahankan kepercayaan masyarakat dan menghadirkan moda transportasi yang andal, aman, dan nyaman," tutup Aida.
- KA Bukit Serelo, Layanan Kereta Ekonomi Bersubsidi Andalan Warga Sumsel
- KAI Palembang Tingkatkan Kenyamanan Penumpang dengan Layanan Lost and Found
- Dari Makanan Hingga Perhiasan, KAI Palembang Amankan 68 Barang Tertinggal di Kereta dan Stasiun Senilai Rp131 Juta