Prof. Yuwono Sebut Sekolah Tatap Muka Bisa Dimulai Tahun Ajaran Baru 2021/2022

Ahli Mikrobiologi Kedokteran Prof. Yuwono/ Net
Ahli Mikrobiologi Kedokteran Prof. Yuwono/ Net

Ahli Mikrobiologi Kedokteran, Prof. Yuwono menilai tahun ajaran baru 2021/2022 para pelajar seharusnya sudah bisa masuk sekolah atau belajar tatap muka. Pendapat ini didasarkan pada hasil pengamatannya secara ilmiah, ditambah informasi dari WHO, keputusan empat menteri, dan data situasi perkembangan Covid-19 di Sumsel.


“Tahun ajaran baru ini mesti sudah masuk sekolah dan tidak perlu khawatir, asalkan ikuti prosedurnya yaitu yang sakit tidak boleh datang, yang sehat silakan hadir,” ujarnya, Selasa (8/6).

Yuwono mengatakan, dirinya sudah menyampaikan surat pendapat untuk Gubernur Sumsel Herman Deru terkait kondisi pandemi Covid-19 menurut keahliannya. Bahkan ia menawarkan siap melacak varian virus, termasuk varian Delta.

Menurutnya, varian virus delta memang tidak menambah keganasan tapi menambah daya tular. Itu sebabnya, varian virus ini disebut-sebut akan mudah menyebar pada anak sekolah.

“Tapi itu sebenarnya tidak pengaruh ke anak-anak, mereka akan tetap berlari-lari bermain,” katanya.

Sebelumnya, Wali Kota Palembang Harnojoyo mengemukakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang masih akan mempertimbangkan pembukaan sekolah tatap muka. Mengingat, status pandemi Covid-19 di kota ini masih belum stabil dan cenderung dalam zona merah.

“Kita belum memutuskan sekolah tatap muka. Secara keseluruhan zona merah/risiko tinggi masih belum lepas dari Kota Palembang. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) juga menyarankan belum dulu,” ungkap Harnojoyo, Senin (7/6).