Masalah Piutang, 3700 Pelanggan PDAM PALI Berdampak Krisis Air Bersih

Tampaknya air bersih dari PDAM Tirta PALI Anugerah dipastikan tidak akan mengalir dalam dua pekan kedepan ke pelanggannya.


Permasalahan ini disebabkan dari PDAM Lematang Enim sudah diputus total lantaran ada piutang yang belum diselesaikan antara kedua belah pihak.

Informasi itu disampaikan Direktur PDAM PALI Anugerah, Puryadi melalui bagian teknik Mairil Apriyanto, Senin (13/7) saat dijumpai di lingkungan DPRD PALI.

"Ada 3.700 pelanggan yang terdampak putusnya aliran air bersih. Namun apa boleh buat, karena hal itu tidak bisa dihindari karena air bersih dari PDAM Lematang Enim yang biasa memasok ke PALI diputus," keluh Mairil.

Dia menambahkan, bahwa dalam satu atau dua pekan kedepan, air bersih belum bisa mengalir sampai jaringan dari intake dari Muara Sungai, Tanah Abang bisa di pergunakan.

"Kita masih menunggu jaringan kita sendiri, yakni dari intake Tanah Abang menuju booster Sinar Dewa lalu diteruskan ke booster Simpang Tais kemudian ke Pendopo," kata Debot Sapaan akrabnya.

Atasi masalah penyetopan air bersih, Mairil menyatakan bahwa telah ada kesanggupan dari Pemkab PALI yang siap menyuplai air bersih ke pelanggan.

"Hanya saja yang bersifat urgen terutama rumah sakit, perkantoran dan rumah ibadah. Jadi dalam hal ini kami berharap pelanggan bersabar," katanya.