Inclinator Bukit Sulap Lubuklinggau Dibuka untuk Umum, Walikota: Mungkin untuk Satu Kali Naik Rp 50.000

Inclinator bukit sulap kota Lubuklinggau. (ist/net)
Inclinator bukit sulap kota Lubuklinggau. (ist/net)

 Wali Kota Lubuklinggau H SN Prana Putra Sohe mengatakan inclinator atau kereta miring di lokasi objek wisata alam Bukit Sulap Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan dibuka untuk umum.


"Alhamdulillah inclinator ini sudah insya Allah selesai total dan sudah mencapai tingkat kesempurnaan," kata H SN Prana Putra Sohe yang akrab disapa Nanan, Selasa (29/8).

Sebelumnya, dalam event Kejurnas dan Pra PON balap sepeda yang berakhir pada Minggu 27 Agustus 2023 kemarin, inclinator tersebut dipakai untuk mengangkut peserta balap sepeda downhill. 

Setelah balap sepeda selesai, maka inclinator bisa dibuka untuk umum. Sehingga pengunjung dapat naik menikmati keindahan kota Lubuklinggau dari atas puncak Bukit Sulap dengan naik inclinator. 

"Sampai saat ini inclinator itu masih memegang rekor terpanjang se-Indonesia jadi 415 meter, ada dua estape 280 meter. 230 meter itu yang etape pertama dan etape kedua  225 meter. Jadi masih terpanjang dan kita masih yang terbesar dan terpanjang," ujarnya. 

Masih kata Nanan, kalau sebelumnya Pemkot Lubuklinggau dalam membenahi inclinator baru mencari-cari yang terbaik sistemnya.

"Tinggal ke depan untuk dijaga dan dirawat," timpalnya.

Nanan mengaku perusahaan daerah bisa memungut anggaran dari hasil objek wisata  inclinator untuk menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Mungkin untuk satu kali naik mungkin Rp 50.000 dan untuk anak-anak  mungkin Rp 25.000. Nanti kita akan buatkan Perwalinya dulu. Supaya sebelum saya selesai jabatan, itu sudah bisa dibuka untuk umum," pungkasnya.