4.772 Petugas PTPS Pemilu 2024 di Palembang Dilantik, Bawaslu Ingatkan Tugas Penting

Ketua Bawaslu Kota Palembang, Yusnar (RMOLSumsel/Dudi Oskandar)
Ketua Bawaslu Kota Palembang, Yusnar (RMOLSumsel/Dudi Oskandar)

Sebanyak 4.772 petugas Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Palembang resmi dilantik. Pelantikan ini dilakukan serentak di setiap kecamatan di Kota Palembang, Senin (22/1).


Ketua Bawaslu Palembang, Yusnar mengatakan, tugas PTPS ini meliputi persiapan dan pelaksanaan pemungutan suara, persiapan dan pelaksanaan penghitungan suara, dan pergerakan hasil penghitungan suara dari TPS ke PPS.

"Jadi seluruh proses pengawasan di TPS ini menjadi tanggungjawab dari pengawas. Bagus tidaknya Pemilu ini bergantung dari 4.772 petugas PTPS ini," katanya.

Nantinya, PTPS juga berkewajiban untuk menyampaikan laporan hasil pengawasan pemungutan dan penghitungan suara kepada Panwaslu Kecamatan melalui Panwaslu Kelurahan.

Menurutnya, di tahun ini agak lebih mudah, dimana rekapitulasi hanya rekap hasil tidak seperti periode lalu yang lebih ribet. Selain itu, dari seleksi petugas rata-rata juga sudah memiliki pengalaman.

"Kami harap ini dapat mengantisipasi adanya kelelahan para petugas yang dapat menyebabkan sakit hingga kematian," ujarnya.