46.344 Tiket Kereta Api Habis Terjual untuk Mudik dan Balik Lebaran 2022 di Sumsel

Ist/Rmolsumsel.id
Ist/Rmolsumsel.id

PT KAI Divre III Palembang mencatat, dari 52.688 tiket kereta api yang disiapkan untuk mudik dan balik lebaran, hingga kini telah terjual 46.344 atau 88 persen.


"Dari tiket yang terjual itu sudah ada 34.777 penumpang sudah diberangkatkan melalui posko yang didirikan sejak 22 April hingga kemarin," ujar Kabag Humas PT. KAI Divre III Palembang, Aida Suryanti kepada Kantor Berita RMOLSumsel,  Sabtu (7/5).

Kemudian dia melanjutkan bahwa Kereta Api Serelo relasi Kertapati - Lubuklinggau (PP) dan Kereta Api Rajabasa relasi Kertapati - Tanjungkarang (PP) telah terjual hingga 100 persen.

"Penjualan KA Serelo ini telah ludes hingga tanggal 9 Mei nanti dan KA Rajabasa sampai 10 Mei sudah terjual semua," ujarnya.

Sementara itu okupansi KA Sindang Marga (S3) relasi Kertapati-Lubuklinggau disampaikan dia untuk keberangkatan tanggal 6 dan 7 Mei belum habis sepenuhnya, tetapi tiket sudah terjual lebih dari 90 persen. 

"Jadi dengan membludaknya pembelian tiket kereta api, kami menghimbau bagi masyarakat yang akan menggunakan kereta api namun belum memiliki tiket untuk segera mencari alternatif transportasi lain," ungkapnya. 

Aida juga mengingatkan kepada calon penumpang yang akan menggunakan kereta api selama arus balik ini agar datang lebih awal ke stasiun keberangkatan agar tidak terlambat tiba di stasiun mengingat kondisi di jalan raya selama libur lebaran macet. 

Calon penumpang juga harus tetap disiplin protokol kesehatan dan memperhatikan syarat-syarat Perjalanan sesuai ketentuan dari SE Kementerian Perhubungan Nomor 49 Tahun 2022 tentang Perubahan atas SE Kementerian Perhubungan Nomor 39 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian Pada Masa Pandemi Covid-19 tanggal 19 April 2022.

"Kami berharap agar seluruh masyarakat yang akan menggunakan moda kereta api untuk mematuhi syarat-syarat Perjalanan yang telah ditetapkan agar mudik yang sehat, aman dan menyenangkan dapat kita wujudkan bersama," pungkasnya.