Bapeten: Jangan Panik, Radioaktif Di Tangsel Berjenis Cesium 137

Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) memastikan radiasi bahan radioaktif berbahaya di Komplek Batan Indah, Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten, berjenis Cesium 137.


Begitu keterangan yang disampaikan Kepala Biro Hukum Kerjasama Dan Komunikasi Bapeten, Indra Gunawan, saat ditemui di lokasi, Sabtu (15/2). "Semenrara ini kesimpulannya Cesium 137," ucap Indra Gunawan singkat.

Namun, paparannya tidak cukup mengkhawatirkan kata Indra Gunawan. Karena, luasan paparan hanya sebatas lingkaran garis pengaman yang dipasang Bapeten. Oleh karena itu, warga Komplek Batan Indah dihimbau untuk tidak khawatir secara berlebihan. Karena, disamping luasan paparan yang tidak meluas, Bapetan bersama dengan Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) dan Tim Gegana Brimob Polda Metro Jaya terus melakukan penanganan.

"Yang jelas aktivitas secara normal tidak ada gangguan, cuma kita tidak melampaui batas yang kita buat, kita masih clean up (membersihkan atau sterilisasi daerah paparan)," ucap Indra Gunawan. "Jadi ini sekalian diberitahukan agar warga enggak panik," tambahnya.