Dalam upaya menjaga keselamatan dan kelancaran operasional kereta api, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional (Divre) III Palembang terus mengoptimalkan perawatan rutin sarana lokomotif di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Depo Lokomotif Kertapati.
- Waisak, 23 Warga Binaan di Sumsel Terima Remisi
- 1.252 Narapidana Buddha Terima Remisi Khusus Waisak, 7 Langsung Bebas
Baca Juga
Manager Humas KAI Divre III Palembang, Aida Suryanti menjelaskan bahwa perawatan rutin ini merupakan langkah strategis perusahaan untuk memastikan seluruh armada lokomotif tetap dalam kondisi prima dan layak operasi.
“Perawatan sarana lokomotif adalah kegiatan untuk menjaga kualitas, keandalan, dan kelayakan operasional lokomotif, yang meliputi pemeriksaan, penggantian, perbaikan, dan pengujian komponen,” ujar Aida, Minggu (11/5/2025).
Hingga saat ini, UPT Depo Lokomotif Kertapati menangani sebanyak 84 unit lokomotif aktif yang terdiri dari berbagai seri, yakni CC 201 sebanyak 7 unit, CC 204 sebanyak 30 unit, dan CC 206 sebanyak 47 unit. Lokomotif-lokomotif ini melayani angkutan penumpang dan barang di seluruh wilayah kerja Divre III Palembang.
Aida merinci bahwa perawatan rutin lokomotif dilakukan dalam beberapa tahapan berkala, mulai dari P1 (bulanan), P3 (tiga bulanan), P6 (enam bulanan), hingga P12 (tahunan). Selain itu, pemeriksaan harian atau Daily Check juga dilakukan oleh petugas sarana setiap hari sebelum lokomotif dioperasikan.
“Daily Check mencakup pemeriksaan rangka bawah seperti bogie, roda, sistem pengereman, hingga komponen traksi dan pengaman. Di rangka atas, kami periksa komponen utama seperti mesin diesel, generator, kompresor, radiator, serta sistem kendali di kabin masinis,” jelas Aida.
Pemeriksaan tambahan juga dilakukan untuk memastikan kebersihan lokomotif dan fungsi pemasir agar tidak terjadi gangguan saat perjalanan.
Langkah optimalisasi perawatan ini menjadi krusial, terutama dalam menghadapi lonjakan penumpang saat momen libur panjang seperti peringatan Hari Waisak. KAI Divre III memastikan setiap lokomotif yang beroperasi berada dalam kondisi terbaik untuk menjamin keamanan dan kenyamanan pelanggan.
“KAI berkomitmen untuk terus memberikan layanan transportasi publik yang andal, inklusif, dan berkelanjutan. Keselamatan adalah prioritas utama kami,” tutup Aida.
- KAI Tegaskan Aturan Pengambilan Gambar di Stasiun dan Kereta, Ini Ketentuannya
- KAI Beri Potongan Harga Tiket Hingga 50 Persen untuk Lima Kategori Penumpang, Ini Ketentuannya
- Pusdalopka KAI Jadi Garda Terdepan Atasi Gangguan Operasional Kereta Api