Pemkab Muba Lakukan Penilaian Kinerja dan Reformasi Birokrasi Kecamatan

Rapat  reformasi birokrasi kecamatan/ist
Rapat reformasi birokrasi kecamatan/ist

Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) mengadakan rapat untuk menyusun indikator penilaian dan persiapan tim interdis dalam evaluasi peningkatan kinerja dan reformasi birokrasi kecamatan di Kabupaten Muba untuk tahun anggaran 2023. Rapat tersebut dilaksanakan di Ruang Rapat Serasan Sekate Setda Muba, Senin (26/6).


Pj Bupati Muba, H. Apriyadi Mahmud, diwakili oleh Asisten Bidang Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Muba, H. Yudi Herzandi SH MH, memimpin langsung rapat tersebut. Rapat diikuti oleh kepala perangkat daerah yang terkait.

"Kepada masing-masing perangkat daerah yang terlibat dalam tim penilaian kinerja kecamatan ini, diharapkan dapat saling berkoordinasi dan bekerjasama dengan Bagian Tata Pemerintahan sebagai leading sektor kegiatan, agar dapat berjalan dengan baik," ujar Yudi.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Muba, Suganda AP MSi, menjelaskan bahwa kegiatan ini akan dilaksanakan selama tahun anggaran berjalan oleh beberapa perangkat daerah, seperti Bappeda, Bagian Tapem, Inspektorat, BKPSDM, BPKAD, Disdukcapil, DPMPTSP, BP2RD, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, serta Dinas Kesehatan.

Mekanisme penilaian melibatkan Tim Evaluasi dan Penilaian Kinerja Kecamatan yang memberikan penilaian berdasarkan kriteria dan indikator yang ditetapkan melalui surat keputusan kepala daerah. Penilaian dilakukan secara objektif sesuai dengan dokumen pendukung, seperti laporan, catatan, hasil penilaian sebelumnya, foto, dan data lainnya, serta dilakukan per kriteria.

Hasil penilaian akan disampaikan ke Bagian Tata Pemerintahan untuk direkapitulasi, diberikan peringkat, dan dilaporkan kepada Bupati Muba.

"Hasil penilaian dan pemberian penghargaan kepada tiga kecamatan terbaik akan diumumkan pada bulan November 2023," ungkap Suganda.