PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero menawarkan peluang kerja sama branding kepada perusahaan di tanah air. Kerja sama tersebut meliputi hak penamaan (naming rights) di stasiun dan kereta api di seluruh wilayah operasional KAI Group di Jawa dan Sumatera.
- Tingkatkan Keselamatan, KAI Divre III Palembang Ganti Rel Baru Sepanjang 131.500 Meter
- KAI Divre III Palembang Siapkan 11.870 Tiket Sambut Libur Isra Mi’raj dan Imlek 2025
- KAI Divre III Palembang Uji Coba Operasi Jalur Ganda Stasiun Muara Enim – Muara Lawai
Baca Juga
Manager Humas PT KAI Divre III Palembang, Aida Suryanti mengatakan, langkah tersebut sebagai bagian dari upaya KAI dalam mengoptimalkan aset dan meningkatkan visibilitas bagi para mitra yang ingin memperluas jangkauan merek mereka.
Menurutnya, mitra yang akan bekerja sama akan mendapatkan keuntungan. "Nilai historis KAI yang sangat erat dengan mobilitas masyarakat sejak dulu membuat penawaran hak penamaan ini sangat menguntungkan bagi calon mitra," ujar Aida.
Dia menambahkan branding di stasiun dan kereta api dapat meningkatkan eksposur dan reputasi perusahaan di mata publik. Aida juga menjelaskan jumlah penumpang di wilayah Sumatera Selatan cukup tinggi.
"Dari periode 1 Januari hingga 31 Oktober 2024, KAI Divre III Palembang telah melayani sebanyak 855.598 penumpang," katanya.
Penumpang tersebut menggunakan jasa kereta api di rute Kertapati-Lubuklinggau dan Kertapati-Tanjungkarang. Menurut Aida, angka ini menunjukkan besarnya peluang bagi mitra bisnis yang ingin memanfaatkan program branding ini.
KAI Divre III memiliki total 32 stasiun, di mana 8 stasiun utama seperti Kertapati, Prabumulih, dan Muara Enim merupakan titik naik dan turun penumpang terbanyak. Melalui program hak penamaan ini, Aida menjelaskan bahwa nama brand mitra akan disandingkan dengan nama stasiun dan akan muncul di berbagai media, baik audio maupun visual.
"Nama brand mitra akan digunakan dalam berbagai penyebutan, seperti pada signage, peta jalur, serta pengumuman di stasiun terkait," terangnya.
KAI sudah berhasil menjalankan program hak penamaan ini di beberapa stasiun, termasuk Stasiun Semarang Tawang yang bermitra dengan Bank Jateng, Stasiun BNI City, serta Stasiun LRT Jabodebek Pancoran dan Dukuh Atas yang bekerja sama dengan Bank BJB dan BNI.
Menurut Aida, KAI berharap program ini akan mendorong kerja sama yang produktif dan berkelanjutan dengan para mitra. "Penawaran hak penamaan stasiun ini adalah inovasi KAI untuk mengoptimalkan aset perusahaan. KAI terbuka untuk berbagai kerja sama dalam pemanfaatan aset," tandasnya.
- Tingkatkan Keselamatan, KAI Divre III Palembang Ganti Rel Baru Sepanjang 131.500 Meter
- KAI Divre III Palembang Siapkan 11.870 Tiket Sambut Libur Isra Mi’raj dan Imlek 2025
- KAI Divre III Palembang Uji Coba Operasi Jalur Ganda Stasiun Muara Enim – Muara Lawai