Kapolrestabes Minta Ortu Tidak Khawatir Soal Isu Penculikan Anak, Lapor ke Nomor Ini Jika Darurat

Kapolrestabes Palembang, Mokhamad Ngajib/ist
Kapolrestabes Palembang, Mokhamad Ngajib/ist

Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Mokhammad Ngajib meminta orang tua agar tidak khawatir dengan isu percobaan penculikan anak yang belakangan ini beredar melalui pesan singkat di WhatsApp.


"Jika ada pasti langsung kami ungkap dan tangkap pelakunya. Di Palembang saat ini tidak ada laporan terkait penculikan, jadi kami belum ada melakukan pengejaran pelaku," kata Ngajib, Minggu (29/1).

Menurutnya Polrestabes Palembang dan Polsek-Polsek telah berkoordinasi dengan pihak sekolah untuk lebih berhati-hati dan mengimbau orangtua untuk tidak perlu khawatir terkait isu penculikan.

Selain itu, kata Ngajib, peran orangtua juga sangat diperlukan untuk menjaga anaknya agar tak menjadi korban kejahatan.

Diantara yang bisa dilakukan yakni mengantar jemput anak di waktu sekolah ataupun ketika mengikut kelas pelajaran tambahan seperti les.

"Anggota sudah berikan himbauan dan penjelasan baik langsung ke sekolah maupun di medsos. Jika benar ada penculikan segera lapor di nomor Banpol, pasti langsung kami tanggapi, " katanya.

Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Mokhammad Ngajib meminta agar orangtua menjemput anak-anak tepat waktu saat pulang sekolah atau bahkan sebelum jam pulang sekolah.

Serta memberitahu ke pihak sekolah jika mengalami keterlambatan untuk menjemput.

"Kita mengimbau agar orangtua datang ke sekolah menjemput anak sebelum jam pulang. Pihak sekolah diminta untuk, turut mengawasi jika siswa dijemput oleh orang lain yang tidak dikenali, " ungkapnya.

Jika ada peristiwa penculikan yang terjadi warga diminta untuk segera lapor polisi atau melalui nomor bantuan polisi (Banpol) di nomor WhatsApp 081370002110.