Dukung Penerapan PTM, Dewan Pendidikan Sumsel Soroti Buruknya Pembelajaran Secara Daring

Ketua Dewan Pendidikan Sumatera Selatan (Sumsel), Supadmi Kohar (Dudy Oskandar/rmolsumsel.id)
Ketua Dewan Pendidikan Sumatera Selatan (Sumsel), Supadmi Kohar (Dudy Oskandar/rmolsumsel.id)

Sistem pembelajaran secara dalam jaring (Daring) yang diberlakukan sejak dua tahun terakhir menjadi sorotan Dewan Pendidikan Sumsel. Pasalnya, sistem daring tersebut mengakibatkan hal yang buruk bagi para siswa.


Ketua Dewan Pendidikan Sumsel, Supadmi Kohar mengatakan pihaknya sangat mendukung dengan rencana Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Karena, sistem daring yang diberlakukan selama ini berdampak kepada kurangnya interaksi sosial dari para siswa. Seperti, interaksi sosial antara siswa dengan siswa maupun dengan guru.

"Temuan ini kami dapati saat berkunjung ke sejumlah sekolah di Sumsel beberapa waktu lalu," katanya, Selasa (31/8).

Dia menambahkan, awalnya tujuan digelarnya pembelajaran secara daring untuk mencegah terjadinya kluster baru penyebaran pandemi Covid-19 di lingkungan sekolah. Tapi, dalam perjalanannya karena merasa jenuh terus-terus belajar secara daring membuat para siswa memutuskan berkumpul dengan teman-temannya di luar lingkungan sekolah. 

Tak hanya itu, pembelajaran daring juga memiliki sejumlah kelemahan mulai dari buruknya sinyal telekomunikasi terutama di daerah-daerah pelosok. Serta, terkadang tidak seluruh siswa yang dibekali dengan ponsel android yang spesifikasinya sesuai untuk menunjang pembelajaran secara daring. 

"Terlepas dari itu semua apabila telah diizinkan untuk pembelajaran secara tatap muka harus tetap memperhatikan pengetatan protokol kesehatan (Prokes) serta menerapkan 3M (Memakai masker, Menjaga jarak dan Mencuci tangan dengan sabun)," tutupnya.