Dikelupas 4 Sentimeter, Lintasan Sirkuit Mandalika Diaspal Ulang

Alat berat dan material untuk pengaspalan ulang lintasan Sirkuit Mandalika telah tiba dan memulai proses perbaikan. (Ist/rmolsumsel.id)
Alat berat dan material untuk pengaspalan ulang lintasan Sirkuit Mandalika telah tiba dan memulai proses perbaikan. (Ist/rmolsumsel.id)

Perbaikan lintasan Sirkuit Mandalika segera dilakukan usai tes pramusim MotoGP 2022 medio Februari lalu. Hal ini dilakukan untuk kenyamanan para pembalap yang akan menggunakan Sirkuit Mandalika pada gelaran MotoGP, 18-20 Maret 2022.


Ada sekitar 17,5 persen atau 756 meter dari keseluruhan lintasan yang memiliki panjang 4,32 kilometer akan diaspal ulang. Pengaspalan dilakukan di segmen tikungan 16.5 yang menuju lintasan lurus sepanjang 507 meter, hingga ke tikungan 5,5 yang menuju tikungan 6, 7, 8 dan 9.

Proses perbaikan yang dilakukan PT. Pembangunan Perumahan (PP) dimulai dengan pengelupasan permukaan lintasan dan secara bersamaan juga akan melakukan set-up Asphalt Mixing Plant (AMP) sambil menunggu kedatangan sisa peralatan.

“Kita bergerak cepat agar perbaikan lintasan sirkuit sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Alhamdulillah sebagian besar peralatan berat telah tiba dan proses pekerjaan perbaikan bisa segera dimulai,” ujar Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association, Priandhi Satria, Sabtu (19/2).

Priandhi menegaskan, sesuai target proses pengerjaan perbaikan lintasan diharapkan selesai pada 10 Maret 2022. Selain alat berat, PT PP telah memastikan kesiapan bahan baku untuk pengaspalan.

“Tim dari PT PP yang berada di Palu dan didampingi konsultan, sudah memastikan kualitas bahan baku dan memastikan loading bahan baku ke atas kapal yang akan dikirim dalam waktu dekat untuk dijadikan lapisan aspal yang baru,” kata Priandhi.

Sebelumnya, Dirut PT PP, Novel Arsyad menyampaikan, pihaknya berkomitmen menjadikan lintasan sirkuit Mandalika memenuhi standar keselamatan dan keamanan balapan serta menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.

“Teknologi, metode, material, serta peralatan kerja juga menggunakan spesifikasi terbaik sesuai standar FIM. Kami akan melakukan pengelupasan aspal lapisan teratas lebih kurang tebalnya 4 sentimeter dan langsung diaspal ulang,” tuturnya.

Keputusan pengaspalan ulang Sirkuit Mandalika diambil FIM setelah berdiskusi bersama Dorna dan ITDC. Hal ini setelah FIM serta Dorna mendengarkan keluhan para pembalap terkait kualitas sirkuit yang cukup mengkhawatirkan dari segi keamanan. Bahkan, Fabio Quartararo dan Francesco Bagnaia sudah merasakan bagaimana sakitnya terhantam kerikil di Sirkuit Mandalika.