Blibli Luncurkan #AksiCintaBumi, Plastik dan Dus Bekas Bisa Ditukar Poin Rewards

ilustrasi/net
ilustrasi/net

Perusahaan e-Commerce Blibli terus berupaya berkomitmen untuk menerapkan operasional yang berkelanjutan (sustainability). Kali ini, Perusahaan grup Djarum tersebut meluncurkan gerakan #AksiCintaBumi.


COO Blibli, Lisa Widodo, mengungkapkan penumpukan sampah yang tidak dikelola dengan baik merupakan salah satu masalah di Indonesia. Berdasarkan data Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menunjukkan sampah nasional pada 2021 mencapai 68,5 ton. Dari total sampah tersebut, 11,6 juta ton merupakan sampah plastik. 

Menurutnya, tingginya angka tersebut tidak lepas dari pengaruh tren belanja daring yang saat ini digemari masyarakat. "Atas dasar tersebut, kami berinisiatif mengajak seluruh elemen masyarakat mengurangi sampah sisa belanja online lewat gerakan #AksiCintaBumi," kata Lisa dalam keterangan tertulis, Kamis (14/4).

Dia mengaku Blibli sendiri telah menerapkan sustainability sejak awal proses supply chain, dengan menggunakan kardus yang bersertifikasi Programme fot the Endorsement of Forest Certification (PEFC) dan Forest Stewardship Council (FSC).

"Keberlanjutan adalah hal yang esensial. Tidak hanya dari segi bisnis, kami juga berkomitmen membawa aspek keberlanjutan dari pendekatan lingkungan. #AksiCintaBumi sebagai langkah nyata untuk menjadikan keberlanjutan lingkungan tidak hanya sekadar jargon," terangnya.

Dalam gerakan #AksiCintaBumi ini, Blibli mengajak para pelanggan untuk mengembalikan kemasan belanja online agar bisa diubah menjadi sesuatu yang bermakna. Pelanggan bisa mengumpulkan kemasan sisa belanja online, baik plastik maupun dus bekas.

"Sampah yang sudah terkumpul akan didaur ulang menjadi lebih bermanfaat. Contohnya, kardus bekas dialih fungsikan untuk menjadi wrapping paper pengganti pembungkus plastik," terang Lisa.

Caranya, pelanggan bisa membawa kemasan sisa belanja online ke collection box, atau bisa dititipkan ke kurir BES Blibli saat mengantarkan belanjaan. Kemudian kemasan sisa belanjaan akan dibawa ke tempat pengolahan Blibli untuk dikelola.

Setiap kemasan sisa belanja online yang dititipkan ke kurir BES Blibli pelanggan akan menerima Poin Rewards. Makin banyak Poin Rewards, makin banyak penawaran menarik untuk berbelanja di Blibli. "Kalau mengumpulkan 10 kemasan sisa belanja online setara dengan 1 bibit pohon yang akan ditanam oleh Blibli. Dengan mengumpulkan sampah, bisa membantu penghijauan di Indonesia," pungkasnya.