Bangun Rumah Kompos Berhati, Ratu Dewa: Wadah Masyarakat Palembang Untuk Mengelola Sampah

Sekretaris Kota Palembang Ratu Dewa meresmikan rumah kompos/ist
Sekretaris Kota Palembang Ratu Dewa meresmikan rumah kompos/ist

Dalam upaya membantu pengentasan masalah sampah yang ada di Kota Palembang, PT Bukit Asam (PTBA) berikan bantuan berupa Rumah Kompos Berhati (Bersih, Hijau, Aman, dan Teratur).


Bantuan tersebut merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) dari PTBA yang telah direncanakan sejak tahun sebelumnya. Rumah Kompos Berhati tersebut berada di Kecamatan Seberang Ulu (SU) 1 atau lebih tepatnya di Jalan Prajurit Nangyum RT04, RW02, Kelurahan 3-4 Ulu.

Sekretaris Daerah (Sekda), Ratu Dewa yang meresmikan rumah tersebut mengatakan bahwa bantuan tersebut sangat membantu masyarakat, khususnya masalah sampah. Sebab, dengan adanya Rumah Kompos Berhati Itu, dapat menjadi wadah masyarakat untuk mengelola sampah menjadi barang yang bermanfaat. 

“Tentunya ini dalam rangka ingin mengurangi dan mengurai sampah yang potensinya cukup besar di Kota Palembang,” katanya, Selasa (7/6).

Disebutkan Dewa, berdasarkan rumus yang telah ditentukan dan dihitung, bahwa potensi sampah yang ada di Kota Palembang saat ini mencapai 1.200 ton.

Oleh sebab itu, dirinya berharap agar masyarakat Kota Palembang, khususnya Kecamatan SU 1 untuk memanfaatkan Rumah Kompos Berhati tersebut dengan sangat maksimal. karena manfaat yang akan dirasakan tentu besar dengan adanya rumah tersebut.

“Karena ini sangat bermanfaat dan merupakan aset penting, tentu kami harap masyarakat memanfaatkannya dengan semaksimal mungking, serta menjaga dan merawatnya,” pungkasnya.