Konten kreator Indonesia, Atta Halilintar, meluncurkan single This is Indonesia untuk menyemarakkan Hari Kemerdekaaan Indonesia ke-76. Lagu ini hasil kolaborasi Atta dengan sang istri Aurel Hermansyah, diva Indonesia Krisdayanti, serta DJ Beauz.
- Kaleidoskop 2024: Sorotan Berita Terpopuler dari RMOLSumsel
- Taliban Bantah Afganistan Disebut Sebagai Negara Tidak Aman di Dunia
- Tawari Wartawan Vaksinasi di HPN 2022, Presiden Joko Widodo: Minta Berapa Saya Beri
Baca Juga
Karya yang mengangkat berbagai keindahan alam dan budaya Indonesia ini ditampilkan secara apik dalam video klip.
Apresiasi pun datang dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno. Menurut Sandiaga, lagu ini adalah sinyal kebangkitan Indonesia, karena sudah lebih dari satu tahun setengah bangsa ini berjuang menghadapi pandemi dan tantangan ekonomi. Lagu ini menunjukkan satu semangat kemerdekaan untuk bangkit di saat sulit dan menang melawan Covid-19.
“Senang sekali bisa melihat satu peluncuran semangat kebangsaan kita di hari kemerdekaan ke-76. Konsepnya ini keren banget dan ini sebetulnya suatu showcase dari keindahan alam Indonesia, ada air terjun, flora dan fauna Indonesia, menunjukkan sisi-sisi terbaik yang dimiliki Indonesia. Hal ini membuktikan bahwa pandemi Covid-19 tidak membatasi imajinasi dan kreativitas anak-anak muda tanah air,” kata Sandiaga, dalam acara press conference This is Indonesia, di Jakarta, Minggu (15/8).
Menurut Sandiaga, di masa pandemi ini para musisi Indonesia juga turut merasakan tekanan dari segi ekonomi. Oleh karena itu, Kemenparekraf bekerja sama dengan asosiasi musik untuk membuat standar protokol kesehatan CHSE, di mana jika zona hijau, maka event-event musik dapat dilakukan secara offline, zona kuning dilakukan secara hybrid, dan zona merah dilakukan secara online.
Seperti diketahui, subsektor musik menjadi salah satu subsektor yang potensial. Menurut, buku Outlook Pariwisata 2020/2021, pada tahun 2020 subsektor musik memberikan kontribusi kepada PDB nasional sebesar Rp5,98 triliun. Sementara, proyeksi jumlah orang yang bekerja di subsektor musik sebanyak 63.676 orang.
“Hal ini menunjukkan kontribusi subsektor musik di Indonesia sangat besar, karena musik itu adalah identitas bangsa, jadi mudah-mudahan musik Indonesia masuk ke taraf dunia,” ujar Sandiaga.
Sementara, Konten Kreator Atta Halilintar menerangkan awal mula tercetusnya inspirasi atau ide membuat lagu This is Indonesia berawal dari Menparekraf Sandiaga yang seringkali memperlihatkan kepada dirinya akan potensi alam dan budaya Indonesia yang sangat luar biasa.
Kemudian, Atta memikirkan bagaimana agar potensi tersebut bisa digabungkan dan dituangkan ke dalam satu karya kreatif yang bisa dinikmati oleh khalayak luas, tidak hanya untuk masyarakat Indonesia, tetapi juga penikmat musik di luar negeri.
“Jadi, misalkan orang luar negeri mau searching apa yang menarik dari Indonesia, kenapa kita harus ke Indonesia, jawabannya ada di lagu This is Indonesia. Jadi orang bisa melihat keindahan alam Indonesia, yang ada di dalam video musik tersebut, mulai dari budaya, tarian, dan lainnya dalam satu karya,” terang Atta.
Atta menambahkan, lagu This is Indonesia sebagai bentuk upaya untuk menyemarakkan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-76. Menurutnya, sebagai anak muda Indonesia harus memberikan kontribusi nyata bagi bangsa.
“Ini adalah bentuk legacy yang aku berikan kepada Indonesia dan juga untuk diriku. Dan aku harap melalui lagu ini dapat memunculkan jiwa nasionalisme di kalangan anak muda serta mendorong anak-anak muda untuk menghasilkan karya kreatif,” tukasnya.
- Berlayar ke Pahawang, Kapal Rombongan Menteri Pariwisata Sandiaga Sempat Tersesat
- Logo Wonderful Indonesia Nangkring di Motor Gresini Racing Ducati
- API Award 2021, Menparekraf Sandiaga Uno: Terus Gali Potensi Wisata Daerah