ASN Kemenag harus kreatif, inovatif, dan solutif

Penyerahan piagam sebagai bentuk apresiasi inovasi layanan publik.
Penyerahan piagam sebagai bentuk apresiasi inovasi layanan publik.

Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) melalui Subbag Umum dan Humas menggelar Apresiasi Layanan Publik Satker dan KUA Lingkungan Kemenag Sumsel di Aula Kanwil Kemenag Sumsel, Senin (21/6).


Hal ini tujuannya untuk memotivasi para Aparatur Sipil Negara (ASN) khususnya di lingkup Kemenag agar harus kreatif, inovatif dan solutif.

Kasubbag Umum dan Humas, Saefudin dalam laporannya menuturkan, apresiasi ini merupakan bentuk penghargaan terhadap inovasi yang dilakukan satuan kerja (Satker) baik Kantor Kemenag Kabupaten/Kota dan madrasah maupun Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan di bidang layanan publik. 

Menurutnya, penilaian layanan publik Satker dan KUA telah dilakukan pada tahun 2020 melalui monitoring dan evaluasi serta supervisi oleh tim Subbag Umum dan Humas. Adapun sasaran penilaian adalah 17 Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kankemenag Kabupaten/Kota, 232 KUA, 94 madrasah se-Sumsel dengan rincian 37 MIN, 35 MTSN, dan 22 MAN.

“Selain penilaian layanan publik, kita juga melakukan penilaian publikasi pemberitaan pada Bidang dan Pembimas Kanwil, pemberitaan pengawasan dan haji bagi Kankemenag Kabupaten/Kota, serta pemberitaan pengawasan bagi madrasah negeri,” jelas Saefudin.

Diharapkan, award ini mampu memotivasi aparatur sipil negara (ASN) Kemenag Sumsel untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan. Baik pelayanan sesama internal Kemenag maupun pelayanan terhadap masyarakat umum.

Sementara itu, Plt Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Kemenag RI, Yayat Supriyadi dalam arahannya menuturkan, ASN Kemenag dituntut memiliki rasa tanggung jawab dan disiplin, serta selalu melakukan inovasi dalam menjalankan tugas.

Menurutnya, ASN Kemenag harus kreatif, inovatif, dan solutif sehingga dapat mengatasi segala kendala dan hambatan yang dihadapi. Dia meminta agar dilakukan percepatan dan inovasi dalam layanan publik, sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Plt Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumsel, Rahmah Awaliah memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Menurut Rahmah, Ombudsman mendorong lembaga dan instansi pemerintah, untuk melakukan penilaian mandiri terhadap satuan kerja di bawahnya. “Kami berharap, hal-hal seperti ini juga dilakukan instansi-instansi pemerintah lainnya,”imbuh dia.