Sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terus menjadi penopang utama ekonomi Indonesia serta penyumbang terbesar pertumbuhan niaga.
- Boy Thohir dan Sejumlah Petinggi Mundur dari Manajemen GOTO
- Dorong Transformasi Digital Usaha Mikro, Tokopedia dan Kemenkop UMK Gelar MikroEx Challenge
- 1.000 Petani Lahat Dapat Pelatihan Untuk Pengolahan Kopi
Baca Juga
Peran penting ini diperkuat melalui strategi bisnis keuangan, peningkatan produk UMKM, dan kepemilikan Nomor Induk Berusaha (NIB) yang didukung oleh pemahaman digitalisasi.
Dalam kegiatan MikroEx Challenge 2024 yang diselenggarakan bersama Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) di Harper Hotel Palembang, Kamis (1/8/2024), Head of Public Policy and Government Relations Tokopedia and ShopTokopedia, Dimas Kuncoro Jati, menyampaikan komitmen Tokopedia dalam mendukung UMKM untuk "naik kelas".
"Kita berkomitmen mitra Tokopedia, pembinaan UMKM dibekali ilmu literasi digital untuk membantu mereka naik kelas dengan fitur yang ada di Tokopedia," ujarnya.
Tokopedia tidak hanya memberikan edukasi tentang teknologi digital kepada para mitra untuk memperluas usaha mereka, tetapi juga berperan penting dalam memfasilitasi kepengurusan NIB. Hal ini bertujuan untuk memastikan produk yang dijual oleh para mitra terverifikasi dan legal.
"Daya saing kita lebih ke NIB, mitra pelaku usaha Tokopedia dibantu untuk bisa mendapatkan identitas dengan kepengurusan langsung didampingi bekerjasama dengan pemerintah," tambah Dimas.
Sejak 2022 hingga 2023, sebanyak 6.000 mitra Tokopedia telah menerima pendampingan untuk mendapatkan NIB bekerja sama dengan KemenkopUKM. Kepemilikan NIB memberikan keuntungan signifikan bagi para pelaku usaha, termasuk kemudahan dalam mengurus dokumen lanjutan seperti sertifikasi halal, Sertifikat Pemenuhan Komitmen Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT), dan Standar Nasional Indonesia (SNI).
Selain itu, NIB juga memudahkan pelaku usaha dalam pengajuan dan penerimaan modal usaha dari mitra perbankan, mengakses program bantuan pemerintah, serta memperoleh perlindungan hukum terhadap usaha mereka.
Saat ini, total UMKM di Indonesia yang menjadi mitra Tokopedia mencapai 21 juta pelaku usaha. Dengan berbagai dukungan dan fasilitas yang diberikan, Tokopedia berharap dapat terus berkontribusi dalam pengembangan dan kemajuan UMKM di Indonesia.
"Jadi kita bukan hanya bantu soal penjualan produk mereka saja, tetapi bagaimana mereka, produk usahanya makin berkembang dan meluas," tutup Dimas.
- Boy Thohir dan Sejumlah Petinggi Mundur dari Manajemen GOTO
- Pemkab Muara Enim Gelar Sosialisasi Pembuatan NIB untuk Pelaku Usaha
- Dorong Transformasi Digital Usaha Mikro, Tokopedia dan Kemenkop UMK Gelar MikroEx Challenge