Telkomsel Hidupkan Kembali Simpati, Brand Legendaris Layanan Prabayar di Era Digital

Telkomsel/ist
Telkomsel/ist

Telkomsel secara resmi mengumumkan evolusi terbaru dari salah satu brand legendaris dalam industri telekomunikasi Indonesia.


Simpati. Transformasi ini menandai babak baru dalam perjalanan kartu prabayar pertama di Asia yang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan jutaan pelanggan sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 1997.

Berawal dari kesuksesan kartuHALO yang diluncurkan pada tahun 1995, Telkomsel kemudian memperkenalkan simPATI dua tahun kemudian sebagai solusi komunikasi yang lebih terjangkau, praktis, dan fleksibel untuk masyarakat luas.

Kehadiran simPATI menjadi pionir dalam mempopulerkan layanan prabayar di Indonesia, dengan inovasi seperti fitur transfer pulsa, nada sambung pribadi (NSP), serta varian-varian seperti simPATI Nusantara, simPATI LOOP, dan simPATI Jitu.

Kini pada momen ulang tahun ke-30 Telkomsel, Simpati kembali menjadi brand utama layanan seluler prabayar mereka. Evolusi ini bukan hanya pergantian nama atau tampilan, tetapi mencerminkan komitmen Telkomsel untuk terus relevan dengan gaya hidup pelanggan yang semakin digital dan personal.

Direktur Utama Telkomsel, Nugroho menyatakan bahwa banyak pelanggan Telkomsel yang menganggap Simpati sebagai merek legenda yang pernah mengisi industri telekomunikasi seluler Tanah Air.

“Sebagai legenda, Simpati memiliki ikatan emosional yang kuat dengan pelanggan di masa-masa jayanya. Dan ternyata banyak pelanggan yang kangen dengan Simpati,” ujar pria yang akrab disapa Nugi di Telkomsel Smart Office, Jakarta, Senin (26/5/2025).

Melalui merek Simpati, Telkomsel menyasar enam segmen pelanggannya yakni para pecinta film, musik, belanja, game, edukasi, dan mereka yang peduli terhadap privasi digital.

Kartu perdana Simpati kini tersedia seharga Rp35.000, sudah termasuk kuota dasar 3 GB untuk 30 hari, serta pilihan 1 dari 24 digital lifestyle benefit yang dapat dipilih bebas melalui aplikasi MyTelkomsel.

Pelanggan juga dapat mengganti pilihan benefit utama setiap bulan tanpa biaya tambahan, mencakup enam kategori: Simpati Nonton, Simpati Belanja, Simpati Gameon, Simpati Musik, Simpati Pintar, dan Simpati Aman.

Melalui merek Simpati, Telkomsel menyasar enam segmen pelanggannya yakni para pecinta film, musik, belanja, game, edukasi, dan mereka yang peduli terhadap privasi digital.

Kartu perdana Simpati kini tersedia seharga Rp35.000, sudah termasuk kuota dasar 3 GB untuk 30 hari, serta pilihan 1 dari 24 digital lifestyle benefit yang dapat dipilih bebas melalui aplikasi MyTelkomsel.

Pelanggan juga dapat mengganti pilihan benefit utama setiap bulan tanpa biaya tambahan, mencakup enam kategori: Simpati Nonton, Simpati Belanja, Simpati Gameon, Simpati Musik, Simpati Pintar, dan Simpati Aman.

Sejak 26 Mei 1995, Telkomsel telah menorehkan rentetan inovasi, mulai kartuHALO pascabayar, simPATI prabayar pertama di Asia, jaringan 3G dan 4G/LTE terbesar, hingga menjadi pionir layanan 5G komersial terdepan dan terluas.

Beberapa tahun terakhir, transformasi diperkuat melalui pendirian Telkomsel Ventures dan INDICO, integrasi IndiHome dalam langkah fixed mobile convergence (FMC), hingga penerapan AI Autonomous Network di berbagai lini operasionalnya, termasuk AI untuk layanan pelanggan Asisten Virtual Veronika (B2C) dan Virtual Account Manager Ted (B2B).

“Berbekal warisan semangat para pendiri Telkomsel dan dukungan kolaborasi semua pihak, kami akan terus berupaya mewujudkan masyarakat yang berdaya saing tinggi,” ucap Nugroho.