Mengantisipasi lonjakan penumpang selama masa angkutan Lebaran Idul Fitri 1446 H, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional III Palembang menambah kapasitas tempat duduk untuk perjalanan KA Rajabasa relasi Kertapati-Tanjungkarang.
- KAI Beri Potongan Harga Tiket Hingga 50 Persen untuk Lima Kategori Penumpang, Ini Ketentuannya
- Pusdalopka KAI Jadi Garda Terdepan Atasi Gangguan Operasional Kereta Api
- KAI Divre III Palembang Catat 33 Perlintasan Liar, Giat Intensifkan Penutupan
Baca Juga
Sebanyak 6.996 kursi tambahan disediakan dengan menambah tiga kereta ekonomi dalam rangkaian KA Rajabasa selama periode 21 Maret hingga 11 April 2025.
Dengan penambahan ini, stamformasi (SF) KA Rajabasa yang sebelumnya terdiri dari lima kereta ekonomi (K3) dan satu kereta makan pembangkit (KMP3), kini menjadi delapan kereta ekonomi (K3) serta satu kereta makan pembangkit (KMP3).
Langkah ini merupakan upaya KAI Divre III Palembang bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan untuk mengakomodasi lonjakan permintaan masyarakat yang melakukan perjalanan mudik dari Sumatera Selatan ke Lampung dan sebaliknya.
“Tingginya minat masyarakat untuk mudik menggunakan KA Rajabasa kelas ekonomi menjadi alasan utama KAI Divre III Palembang bersama DJKA Kementerian Perhubungan menambah tiga kereta pada rangkaian ini," ujar Manager Humas KAI Divre III Palembang, Aida Suryanti, Selasa (18/3/2025).
Dengan adanya tambahan tiga kereta tersebut, kapasitas tempat duduk selama masa angkutan Lebaran 2025 di wilayah Divre III Palembang meningkat sebesar 1,13 persen dari 52.228 tempat duduk menjadi 59.224 tempat duduk, dengan kapasitas harian mencapai 2.692 tempat duduk.
Tingginya permintaan tiket KA Rajabasa tercermin dari data penjualan tiket hingga Selasa (18/3), di mana sebanyak 49.451 tiket telah terjual atau sekitar 83 persen dari total 59.224 kursi yang tersedia.
Puncak arus mudik diprediksi terjadi pada H-3 dan H-2 Lebaran, yakni 28 dan 29 Maret 2025, dengan tingkat keterisian tiket sudah melebihi 100 persen.
Aida mengimbau masyarakat yang ingin memesan tiket untuk terus memantau ketersediaan melalui aplikasi Access by KAI, aplikasi mitra resmi, serta agen perjalanan yang bekerja sama dengan KAI.
Selain itu, pembelian tiket juga dapat dilakukan melalui kanal resmi penjualan tiket KA atau langsung di stasiun dengan sistem go show tiga jam sebelum keberangkatan.
Untuk informasi lebih lanjut, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email [email protected], atau media sosial KAI121.
“KAI berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan dengan mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan pelanggan, sehingga perjalanan mudik menjadi lebih menyenangkan dan berkesan,” tutup Aida.
- KAI Beri Potongan Harga Tiket Hingga 50 Persen untuk Lima Kategori Penumpang, Ini Ketentuannya
- Pusdalopka KAI Jadi Garda Terdepan Atasi Gangguan Operasional Kereta Api
- KAI Divre III Palembang Catat 33 Perlintasan Liar, Giat Intensifkan Penutupan