Foto Diduga Plt Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah Mesra Dengan Wanita Menyebar di Medsos, Kadis Kominfo: Itu Akun Fake

Kepala dinas Kominfo Muara Enim, Ardian Arifanardi (ist/)
Kepala dinas Kominfo Muara Enim, Ardian Arifanardi (ist/)

Foto-foto yang diduga Plt. Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah sedang berlaku mesra bersama seorang perempuan yang diunggah sempat menyebar di media sosial (Medsos) setelah diupload oleh akun instagram @arlinisayangkaffah pada Kamis (7/9).


Namun, akun tersebut saat ini telah telah di banned dan tidak bisa diakses oleh publik.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pemkab Muara Enim, Ardian Arifanardi, mengatakan bahwa akun tersebut merupakan akun palsu. Sehingga, pihaknya sudah melaporkan keberadaan akun tersebut ke Kementerian Kominfo.

"Itu akun fake, sebelumnya jika dilihat dari jumlah pengikut dan yang mengikuti itu kebanyakan akun palsu, juga yang memberikan komentar," katanya kepada RMOLSumsel, Jumat (8/9)

Setelah pelaporan ke Kementerian Kominfo, ujar Ardian, akun tersebut kini sudah di banned dan tidak bisa diakses, pihaknya menyayangkan jika masih banyak yang memanfaatkan screenshot akun tersebut untuk tindakan-tindakan yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Disinggung mengenai keaslian foto-foto yang diunggah akun tersebut, Ardian mengatakan bahwa pihaknya tidak dapat memastikan karena yang bisa memutuskan itu pakar di bidangnya.

Hanya saja, menurut Ardian, secara kasat mata foto-foto tersebut nampak ada kejanggalan, seperti editan, tampak perbedaan warna lengan baju, dan jumlah jari dari Bupati yang normalnya lima tapi tampak seperti 6 jari, itu yang paling sederhana untuk di lihat.

"Dugaannya akun tersebut dibuat dengan tujuan merusak citra Pemkab Muara Enim," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, jagat dunia maya dihebohkan dengan beredarnya foto-foto diduga Plt Bupati Muara Enim, Ahmad Usmarwi Kaffah dengan seorang wanita. 

Foto tersebut diposting akun instagram @arlinisayangkaffah. akun tersebut memiliki 85 pengikut dan mengikuti 25 akun. Sementara jumlah postingan dalam akun tersebut hanya sebanyak lima postingan. 

Akun tersebut memposting foto pertama kali pada April 2023. Foto yang diposting yakni gambar seorang wanita berjilbab mengenakan seragam ASN sedang memainkan laptop. Hanya saja, wajah wanita itu tidak terlihat karena ditutup oleh masker. 

Postingan kedua akun tersebut diupload pada 1 September 2023. Dalam unggahan tersebut, tampak gambar seorang lelaki yang diduga Plt Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah sedang memeluk seorang wanita yang mengenakan jilbab berwarna hitam. Akun tersebut memberikan keterangan "Belahan Jiwa, Tak akan kulepaskan".