Diskominfo OKU Timur Gunakan SP4N-Lapor, Ini Tujuannya

Plt Kepala Diskominfo OKU Timur, Hj Sri Suhartati SE MM, menyampaikan laporan kegiatan Bimtek SP4N-Lapor, Selasa (14/3)/ist.
Plt Kepala Diskominfo OKU Timur, Hj Sri Suhartati SE MM, menyampaikan laporan kegiatan Bimtek SP4N-Lapor, Selasa (14/3)/ist.

Dalam rangka meningkatkan respon terhadap aspirasi dan aduan masyarakat terhadap pemerintah, Dinas Kominfo OKU Timur menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (Lapor) dan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).


Bimtek SP4N-Lapor dan PPID ini, diperuntukan bagi seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta petugas tingkat kecamatan di Kabupaten OKU Timur, Selasa (14/3) di ruang rapat Bina Praja 1 Setda OKu Timur.

Plt Kepala Diskominfo OKU Timur, Hj Sri Suhartati SE MM menjelaskan, kegiatan Bimtek tersebut bertujuan untuk memberikan akses seluas-luasnya kepada masyarakat dalam menyampaikan aspirasi dan aduan atas pelayanan publik yang diberikan pemerintah.

“Selain itu, kegiatan ini juga untuk meningkatkan respon penyelenggara publik dalam menanggapi aspirasi dan aduan masyarakat dengan cepat tanggap, serta memberikan pembinaan kepada desa yang belum membentuk PPID,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Sekda OKU Timur, Jumadi S Sos, berharap semua OPD dan Kecamatan yang menjadi PPID pembantu dapat lebih responsif dalam menanggapi aspirasi masyarakat. Tindak lanjut dari OPD dan Kecamatan atas aspirasi tersebut harus bisa sesegera mungkin diselesaikan.

"Secara umum kami selaku PPID Utama mendukung penuh atas terlaksananya kegiatan pada hari ini, karena bertujuan untuk lebih meningkatkan responsif atas aduan dan aspirasi masyarakat agar segera ditindak lanjuti.  Dengan berbagai perkembangan terhadap aplikasi SP4N-Lapor! Tentu ini akan memudahkan masyarakat dalam menyampaikan aspirasinya,” kata Jumadi.