Didatangi Warga yang Keluhkan Pelayanan, PDAM Beri Apresiasi

Tujuh orang mewakili warga Jalan Jati RT 04 RW 07, Perumahan Karang Sari, Desa Tanjung Baru, Kecamata Baturaja Timur, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), mendatangi Kantor PDAM Tirta Raja OKU kemarin.


Mereka menyampaikan keluhan tentang kesulitan mendapatkan air bersih akibat distribusi air dari PDAM Tirta Raja OKU yang tidak lancar.

Hendra A Setyawan salah seorang perwakilan warga mengatakan, sejak beberapa tahun terakhir di kawasan jalan Jati air dari PDAM OKU hanya mengalir dua hari sekali.

"Itupun saat tengah malam dan hanya berlangsung selama satu-dua jam saja, bahkan ada beberapa warga yang tidak mendapatkan air,” ujar Hendra.

Karena tak dapat air, warga pun terpaksa harus merogoh kocek yang cukup dalam untuk membeli mesin sedot air agar mendapatkan air bersih dari PDAM.

“Kalau tidak pakai mesin dipastikan warga tidak akan kebagian air,” imbuhnya.

Dengan menggunakan mesin sedot air menurut Hendra, tentunya berimbas membengkaknya tagihan listrik.

"Kami ini serba kebingungan, mau pake mesin bayaran listrik jadi mahal, kalau mau beli tedmon juga perlu biaya, padahal bayaran tagihan rekening PDAM warga setempat cukup lancar,” keluhnya.

Diceritakan Hendra, sewaktu penyambungan jaringan pipa ke Jalan Jati perumahan Karang Sari sekitar tahun 2009, sempat ditolak warga perumahan PT Semen Tanjung Baru. Namun kemudian pengembang perumahan mencari solusi dan air PDAM lancar. Namun semakin kesini semakin banyak pembangunan perumahan baru dan air semakin susah dan tidak mengalir.

"Tadi kami telah melapor dan mengumpulkan rekening pdam dan foto copy KTP kami, Alhamdulilah diterima dengan baik oleh direktur PDAM OKU Bapak Abi Kusno, jajaran beliau juga langsung turun ke lokasi,” imbuhnya.

Hendra berharap ada solusi dan perhatian dari PDAM OKU sehingga warga Jalan Jati perumahan Karang Sari bisa mendapat dan menikmati air bersih. “Kami tidak menuntut yang muluk-muluk kami hanya ingin air PDAM bisa mengalir lancar di perumahan kami,” harapnya.

Sementara itu, Direktur PDAM Tirta Raja OKU Abi Kusno melalui Kasubsi Humas PDAM Tirta Raja OKU Elfanco membenarkan, telah didatangi perwakilan warga Jalan Jati RT 04 RW 07 Perumahan Karang Sari Desa Tanjung Baru kecamatan Baturaja Timur.

“Ya benar tadi mereka menyampaikan laporan dan keluhan,” kata Fanco.

Mendapat laporan dari warga, Tim Distribusi dan pelayanan PDAM OKU langsung turun ke lapangan untuk memgecek langsung keluhan warga.

“Tim kita langsung turun,” ujarnya.

Fanco mengapresiasi kedatangan warga pelanggan PDAM tersebut untuk menyampaikan keluhan distribusi air PDAM. Menurutnya, laporan warga ini sangat diperlukan untuk pembenahan dan kemajuan pelayanan kepada para pelanggan.

“Kami sangat mengapresiasi dan berterimakasih atas kedatangan dan laporannya, melapor secara langsung itu lebih baik dari pada melapor di sosmed. Jadi kami bisa langsung bergerak. Ini demi kebaikan bersama dan peningkatan pelayanan PDAM OKU, sehingga pelanggan bisa menikmati air bersih. Bagi kami senyum dan kepuasan pelanggan adalah prioritas kami,” tandasnya.[ida]