3.500 Kendaraan Milik Pemprov dan Pemkot Palembang Nunggak Pajak

ilustrasi/net
ilustrasi/net

UPTB Wilayah Palembang I mencatat sebanyak 3.500 kendaraan milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel dan Pemkot Palembang menunggak pajak.


Kepala UPTB Wilayah Palembang I, Firmaz Lustian mengakui berdasarkan data pihaknya ada sekitar 3.500 kendaraan baik milik Pemprov maupun Pemkot Palembang yang menunggak pajak. Hanya saja, pihaknya masih akan melakukan verifikasi karena ada beberapa kendaraan yang sudah rusak dan dilelang.

"Pembayaran tunggakan ini totalnya sekitar Rp3 miliar hingga Rp4 miliar," katanya, Jumat (1/10).

Selain kendaraan pemerintahan, ada sekitar 11 ribu kendaraan di wilayahnya yang masih menunggak. Data tersebut sudah termasuk kendaraan yang dimutasi namun tidak melapor, rusak ataupun yang sudah tidak terpakai lagi. Tunggakan ini bervariasi mulai dari tahun 2015, 2016 dan beberapa tahun lainnya. Dimana, yang paling banyak tunggakan untuk kendaraan jenis roda dua yakni sebanyak 70 persen. Sedangkan untuk roda empat hanya 30 persen.

"Kami harap dengan adanya penghapusan denda pajak ini maka semua kendaraan membayar pajak sehingga kedepan tidak ada tunggakan lagi," terangnya. 

Dia menambahkan, dalam program pemutihan pajak ini, masyarakat diberikan pembebasan PKB progresif, penghapusan sanksi administrasi denda bunga PKB. Lalu denda bunga bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB), dan penghapusan sanksi denda sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan (SWDKLLJ).

"Kami harap masyarakat memanfaatkan momen ini. Karena waktunya hanya tiga bulan sampai dengan akhir tahun 2021," pungkasnya.