3.435 Kotak Suara Tiba di Empat Lawang, 32 Kotak Rusak

Distribusi kotak suara di KPU Empat Lawang/ist
Distribusi kotak suara di KPU Empat Lawang/ist

Kotak suara untuk pemilihan legislatif (Pileg) dan pemilihan presiden (Pilpres) 2024 dari KPU RI, sudah diterima KPU Empat Lawang,  Jumat (20/10) siang.


Kotak suara tersebut sebanyak 3.435 kotak dan disimpan di gudang KPU Empat Lawang di depan Polres Empat Lawang.

Sedangkan untuk kebutuhan kotak suara di Empat Lawang  sebanyak 5.140 kotak. Sisa 1.705 kotak suara akan segera menyusul dalam beberapa hari.

Setelah dilakukan perhitungan dilaporkan ada sebanyak 32 kotak suara dalam kondisi rusak dan akan segera dikembalikan ke KPU RI.

"Telah sampai di KPU Empat Lawang logistik untuk Pemilu 2024 berupa kotak suara berupa kotak suara yang dimana pada hari ini telah sampai sejumlah 3.435 kotak suara dari sejumlah kebutuhan kita 5.140 kotak suara," kata Ketua KPU Kabupaten Empat Lawang, Eskan Budiman.

Menurut keterangan dari pihak penyedia dan pihak KPU RI sisa itu akan segara sampai beberapa hari ke depan.

Saat menerima kotak suara tersebut KPU Empat Lawang juga akan melakukan pengecekan 1 per 1 kotka suara tersebut dimana jika nantinya terdapat kotak yang telah rusak maka akan dikembalikan.

"Jika ditemukan kotak suara yang dalam keadaan rusak maka itu akan kita kembalikan kepada pihak penyedia dan laporkan ke KPU RI untuk segera dapat ditukarkan dengan yang baru," jelasnya.

Adapun ditambahkan Ketua KPU Empat Lawang pihaknya tetap akan menunggu instruksi dari pusat logistik apa yang akan tiba selanjutnya pada persiapan Pilpres dan Pileg 2024 tersebut.