Kenalkan Kopi Pagaralam, Dewi Sekopi Besemah Akan Ikut Kontes ke Perancis

Walikota Pagaralam Alpian Maskoni SH melihat langsung pengemasan kopi hasil produksi Dewi Sekopi Besemah di Kelurahan Agung Lawangan, Kecamatan Dempo Utara, Kota Pagaralam, Rabu (30/09/2020). 


Sampel kopi milik Dewi Sekopi Besemah tersebut rencananya akan mengikuti kontes kopi di negara Perancis. 

Walikota Alpian Maskoni SH mengaku bangga dengan upaya masyarakat Kelurahan Agung Lawangan, Kecamatan Dempo Utara tersebut.

"Keikutsertaan Dewi Sekopi Besemah pada kontes kopi di Perancis, dapat membuka jalan ekspor bagi kopi Pagaralam ke negara-negara di Benua Eropa," kata dia.

Dikatakan Alpian, saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam masih berupaya membantu petani dengan program penyambungan tanaman kopi atau stek kopi dalam meningkatkan produktifitas komoditi kopi.

"Namun kedepan, upaya lainnya dalam meningkatkan kesejahteraan petani kopi akan terus dilakukan," jelasnya.

Sementara itu Dewi Sekopi Besemah rencananya akan mengirim sampel kopi Pagaralam ke Perancis untuk diikutsertakan dalam kontes kopi yang akan dilaksanakan pada Oktober mendatang.

"Keikutsertaan dalam kontes tersebut merupakan salah satu upaya Dewi Sekopi Besemah untuk membuka jalan ekspor bagi kopi Pagaralam," ungkap Dewi.

Dewi menuturkan, Jadi apabila dewi sekopi besemah menang kontes, maka kopi Pagaralam akan dikenal luas di Eropa. 

"Pada akhirnya akan banyak negara Eropa yang akan membeli kopi Pagaralam dalam jumlah besar, sehingga akan berdampak dengan harga kopi di tingkat petani, khususnya di petani Pagaralam," tutupnya.