PT PLN (Persero) melalui PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya sukses meraih penghargaan internasional World Class Company dalam ajang Global Performance Excellence Awards (GPEA) 2024 yang diselenggarakan oleh Asia Pacific Quality Organization (APQO). Penghargaan ini diumumkan pada Kamis, 3 Oktober 2024, di BelAir Unique, Mexico City, Meksiko.
- Komitmen CSR PLN Berbuah Tiga Penghargaan di Asian Impact Awards 2024
- PLN UID S2JB Resmikan Gedung Baru ULP Muko-Muko untuk Tingkatkan Pelayanan Listrik
- Kendaraan Listrik Semakin Diminati di Palembang: Pengguna Puas dengan Hemat Biaya dan Fasilitas Pengisian
Baca Juga
Penghargaan bergengsi ini diraih oleh PLN UID Jakarta Raya berkat keunggulan kinerja perusahaan dalam menyelaraskan kebijakan dengan proses bisnis yang terukur melalui kriteria Business Excellence.
GPEA ditujukan kepada perusahaan-perusahaan dunia yang berhasil mencetak skor di atas 700, dengan penilaian meliputi tujuh kategori, yaitu Leadership, Strategic, Customer, Measurement, Analysis and Knowledge Management, Workforce, Operation, dan Results. PLN berhasil mencatatkan skor 719,25, yang membawa perusahaan ini ke dalam nominasi dan akhirnya meraih penghargaan sebagai World Class Company.
President of APQO sekaligus Chair of APQO Award Governing Council, Abraham Fenn, menyatakan bahwa penghargaan ini diberikan sebagai bentuk pengakuan terhadap perusahaan-perusahaan dengan kinerja kelas dunia.
"Kami dengan senang hati mengumumkan bahwa sembilan perusahaan dari enam negara telah diakui atas pencapaian tonggak penting dalam perjalanan keunggulan bisnis mereka. Mereka telah menunjukkan kinerja yang patut dipuji hingga kelas dunia, sesuai dengan tiga kategori Penghargaan GPEA dari APQO," ujar Abraham.
Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menilai penghargaan ini sebagai benchmark keberhasilan PLN dalam meningkatkan kinerja perusahaan. Menurutnya, penghargaan ini membuktikan bahwa PLN mampu menjadi perusahaan kelas dunia dan akan terus berupaya mencapai visi menjadi Top 500 Global Company.
"Ini menjadi bukti bahwa PLN dapat menjadi world class company. Tidak hanya sampai di sini, kami akan terus melanjutkan visi kami untuk menjadi Top 500 Global Company,” ujarnya.
Darmawan juga menambahkan bahwa kinerja PLN mengalami peningkatan signifikan dalam beberapa tahun terakhir berkat transformasi perusahaan yang dilakukan sejak tahun 2020. Transformasi ini membuat PLN semakin profesional dan berorientasi pada kepuasan pelanggan melalui implementasi sistem digital end-to-end, mulai dari sistem pembangkit, transmisi, distribusi, pengadaan, hingga pelayanan pelanggan.
Sementara itu, General Manager PLN UID Jakarta Raya, Lasiran, menyampaikan bahwa pencapaian ini akan semakin memperkuat komitmen seluruh insan PLN dalam meningkatkan kualitas pelayanan pelanggan serta menerapkan standar operasional kelas dunia.
“Penghargaan ini sekaligus menjadi motivasi bagi PLN untuk terus berinovasi dalam menghadirkan layanan kelistrikan yang berkualitas, efisien, dan ramah lingkungan guna mendukung tercapainya visi PLN sebagai penyedia solusi energi yang andal dan berkelanjutan bagi Indonesia,” kata Lasiran.
- Komitmen CSR PLN Berbuah Tiga Penghargaan di Asian Impact Awards 2024
- PLN UID S2JB Resmikan Gedung Baru ULP Muko-Muko untuk Tingkatkan Pelayanan Listrik
- Kendaraan Listrik Semakin Diminati di Palembang: Pengguna Puas dengan Hemat Biaya dan Fasilitas Pengisian