BPJS Kesehatan Cabang Palembang kini mendekatkan layanan kepada masyarakat melalui Program BPJS Keliling.
- BPJS Kesehatan Hadirkan Petugas Satu untuk Meningkatkan Layanan Kesehatan di Rumah Sakit
- Cegah Penyakit Kronis BPJS Hadirkan Layanan Skrining Riwayat Kesehatan di JKN Mobile
- BPJS Kesehatan dan Kejaksaan OKI Berkolaborasi Pastikan Kepatuhan Badan Usaha
Baca Juga
Dengan program ini, diharapkan masyarakat Palembang dapat lebih mudah mengurus administrasi BPJS Kesehatan tanpa harus mengunjungi kantor cabang.
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palembang, Angga Firdauzie, menjelaskan bahwa layanan BPJS Keliling adalah salah satu saluran pelayanan yang mempermudah akses masyarakat ke Program JKN. Layanan ini rutin dilakukan dan dijadwalkan keliling ke berbagai lokasi seperti instansi pemerintah, fasilitas kesehatan, pusat perbelanjaan, dan titik-titik strategis lainnya.
"Masyarakat dapat langsung bertemu dengan petugas BPJS Kesehatan untuk masalah data, pemberian informasi, maupun pembayaran iuran,” ujar Angga, Jumat (26/07/2024).
Angga menambahkan bahwa banyak masyarakat yang menghadapi kendala jarak jauh untuk mengunjungi kantor BPJS Kesehatan. Dengan adanya BPJS Keliling, diharapkan dapat membantu mengatasi masalah ini.
"Dengan BPJS Keliling, kami berharap Program JKN semakin dikenal luas. Peserta dapat lebih mudah mengakses layanan administrasi tanpa harus antri di kantor. Kami juga berharap peserta dapat rutin dalam pembayaran iuran JKN agar pelayanan kesehatan dapat berjalan lancar tanpa hambatan," tambah Angga.
Respon positif datang dari peserta JKN, salah satunya Marliana, peserta JKN segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU). Marliana merasa terbantu dengan adanya layanan BPJS Keliling yang menghemat waktu tanpa perlu datang ke kantor.
“Sebelumnya saya berniat untuk mengunjungi kantor BPJS Kesehatan untuk mengurus kepesertaan orang tua saya. Namun, dengan adanya layanan BPJS Keliling di Puskesmas Sukarami, kami tidak perlu jauh-jauh ke kantor BPJS Kesehatan. Ini sangat membantu, terutama karena orang tua saya sudah sepuh dan tidak memungkinkan untuk ditinggal terlalu lama,” ujar Marliana kepada tim Jamkesnews.
Marliana dan keluarganya sudah lama menjadi peserta JKN karena pentingnya perlindungan jaminan kesehatan. Dengan adanya BPJS Keliling, mereka merasa lebih mudah mendapatkan informasi dan mengurus JKN tanpa harus mendatangi kantor.
“Alhamdulillah, BPJS Keliling memudahkan kami. Pelayanannya baik, cepat, dan petugasnya ramah. Terima kasih kepada BPJS Kesehatan atas kemudahan yang diberikan,” tambah Marliana.
Marliana juga menyanjung layanan BPJS Keliling yang memberikan informasi rinci dan tuntas tentang JKN. Dia berharap kegiatan ini terus berlanjut sehingga masyarakat yang belum terjangkau layanan JKN dapat terlayani dengan baik melalui BPJS Keliling.
- BPJS Kesehatan Hadirkan Petugas Satu untuk Meningkatkan Layanan Kesehatan di Rumah Sakit
- Cegah Penyakit Kronis BPJS Hadirkan Layanan Skrining Riwayat Kesehatan di JKN Mobile
- BPJS Kesehatan dan Kejaksaan OKI Berkolaborasi Pastikan Kepatuhan Badan Usaha