Antrean Pasien di Puskesmas Sering Menumpuk, Kadinkes Palembang: Bisa Daftar Secara Online

Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang, Fenty Aprina. (Ist/Rmolsumsel.id).
Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang, Fenty Aprina. (Ist/Rmolsumsel.id).

Masyarakat Kota Palembang masih mengeluhkan seringnya terjadi penumpukan antrian saat berkunjung ke Puskesmas untuk berobat.


Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang, Fenty Aprina mengatakan, penumpukan antrian terjadi lantaran masyarakat datang ke Puskesmas dengan waktu hampir bersamaan, sehingga membuat antrian menjadi ramai. 

Seharusnya, kata Fenty, masyarakat memanfaatkan teknologi dengan melakukan pendaftaran antrian di rumah. Sehingga saat datang tidak terlalu lama mengantri. 

"Ini karena minimnya literasi digital masyarakat akan teknologi yang menjadi dalah satu penyebab kurang optimalnya pendaftaran nomor antrian. Untuk antrian sebenarnya kita sudah punya aplikasi antrian online, jadi tinggal daftar di rumah saja," ujar dia. 

Oleh karena itu, sambung Fenty, pihaknya akan melakukan sosialisasi secara gencar kepada masyarakat terkait optimalisasi pelayanan yang ada di seluruh Puskesmas di Kota Palembang, termasuk pendaftaran antrian secara online. 

"Mungkin ke depan kita akan sosialisasikan lagi," kata dia. 

Sebelumnya, Wakil Walikota Palembang, Fitri anti Agustinda melakukan inspeksi mendadak di salah satu Puskesmas di Kota Palembang. Sidak itu dilakukan guna merespon banyaknya keluhan masyarakat terkait pelayanan, salah satunya antrian yang panjang. 

"Berbagai keluhan saya terima dari para pasien salah satunya lama menunggu nomor antrian," kata Finda, Senin (21/3).

Dirinya berharap, dalam pelayanan masyarakat ke depan, Puskesmas tersebut bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. "Mudah-mudahan dengan sidak yang kita lakukan hari ini pelayanan kembali berjalan optimal," tandas dia.