7.665 KK di Musi Rawas Terdampak Banjir, Warga Diimbau Segera Mengungsi Bila Debit Air Naik 

Bupati Musi Rawas dan Kapolres meninjau lokasi banjir/ist
Bupati Musi Rawas dan Kapolres meninjau lokasi banjir/ist

Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan menyebutkan terdapat 7.665 kepala keluarga terdampak banjir yang tersebar di 6 wilayah Kecamatan.


Adapun ke 7.665 kepala keluarga yang terdampak banjir tersebut tersebar di Kecamatan BTS Ulu Cecar, Sukakarya, Tuah Negeri, Muara Lakitan, Megang Sakti dan Muara Kelingi. Itu berdasarkan data Kominfo Musi Rawas per Sabtu, 13 Januari 2024 kemarin.

Di wilayah BTS Ulu Cecar terdapat 245 KK, Sukakarya 40 KK, Tuah Negeri 35 KK, Muara Lakitan berjumlah 5.843 KK, Megang Sakti 254 KK dan Muara Kelingi ada 1.248 KK. 

Sementara itu pada Senin, 15 Januari 2024 Pemerintah Kabupaten bersama dengan Polres Musi Rawas melakukan peninjauan sekaligus memberikan bantuan kepada korban banjir. Bantuan diserahkan ke wilayah Muara Kelingi dan Muara Lakitan. 

Peninjauan dilakukan Bupati Musi Rawas Hj Ratna Machnud bersama Kapolres AKBP Andi Supriadi dengan menggunakan perahu karet. Dilanjutkan dengan bertatap muka bersama korban banjir dan melihat posko kesehatan.

"Lokasi yang ditinjau baik di Muara Kelingi dan Muara Lakitan, debit air lebih kurang 45 cm hingga 90 cm," ujar Kapolres Musi Rawas AKBP Andi Supriadi.

Kata Kapolres, adanya bantuan yang diberikan diharapkan bisa mengurangi beban para korban bencana banjir. Warga juga diingatkan bila terserang penyakit, untuk dapat langsung berobat di posko kesehatan yang telah didirikan oleh Dinkes dan Puskesmas. 

"Kami juga tetap mengimbau warga untuk tetap waspada apabila debit air naik kembali, untuk segera mungkin mengungsi ditempat yang lebih tinggi," pungkasnya.