PT Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) mencatatkan lonjakan trafik data sebesar 21 persen selama periode Idulfitri 1446 H dibandingkan hari biasa. Kenaikan tersebut dipicu oleh tingginya aktivitas digital pelanggan yang memanfaatkan berbagai aplikasi untuk bersilaturahmi dan hiburan selama Ramadan dan Lebaran.
- Indosat Perkenalkan Teknologi AI untuk Jaminan Kualitas Jaringan Selama Libur Lebaran
- IM3 Hadirkan Paket Spesial Ramadan 150GB, Internet Lancar Tanpa Khawatir Kuota Habis
- Indosat Catat Kenaikan Lalu Lintas Data Double-Digit di Periode Tahun Baru
Baca Juga
Lima aplikasi dengan peningkatan trafik tertinggi selama periode ini adalah WhatsApp, TikTok, Facebook, YouTube, dan Instagram. Puncak trafik tercatat terjadi pada saat arus balik Lebaran, yakni tanggal 4 April 2025.
"Indosat memastikan kualitas jaringan tetap optimal di tengah meningkatnya kebutuhan digital masyarakat, baik di kota besar maupun daerah tujuan mudik," ujar Desmond Cheung, Director & Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Hutchison, dalam keterangan tertulis, Minggu (13/4/2025).
Indosat mencatat sejumlah kota dengan kenaikan trafik data paling signifikan selama libur Lebaran. Di wilayah Sumatra, peningkatan tertinggi terjadi di Kota Bumi, Padang, Siantar, dan Tebing Tinggi. Untuk wilayah Jabodetabek, lonjakan terjadi di Bogor, Pandeglang, dan Sukabumi. Sedangkan di Pulau Jawa, Garut, Kebumen, dan Madiun mencatat trafik tertinggi.
Wilayah Bali dan Nusa Tenggara juga menunjukkan peningkatan trafik signifikan, khususnya di Flores Timur, Sumbawa, dan Lombok. Di kawasan Indonesia Timur, lonjakan trafik tertinggi tercatat di Singkawang, Bone, Gowa, dan Palu.
Guna mengantisipasi lonjakan trafik, Indosat menambah kapasitas jaringan dengan menghadirkan 9.600 site baru, serta mengoperasikan 1.500 BTS tambahan dan 53 mobile BTS di titik-titik strategis. Selain itu, optimalisasi jaringan dilakukan di area dengan potensi kepadatan tinggi seperti stasiun, terminal, rest area, dan destinasi wisata.
Sebanyak lebih dari 3.000 petugas teknis dan engineer turut bersiaga selama masa libur Lebaran, termasuk di pusat pengawasan Digital Intelligence Operations Center (DIOC), demi memastikan layanan tetap lancar tanpa gangguan.
“Bagi kami, ini bukan sekadar tugas profesional. Saat banyak orang berkumpul dengan keluarga, kami justru bertugas menghubungkan mereka. Ini bentuk pengabdian kami di momen yang penuh makna,” ungkap Imam Susanto, salah satu petugas teknis Indosat yang bertugas di jalur mudik wilayah Semarang.
- Indosat Perkenalkan Teknologi AI untuk Jaminan Kualitas Jaringan Selama Libur Lebaran
- IM3 Hadirkan Paket Spesial Ramadan 150GB, Internet Lancar Tanpa Khawatir Kuota Habis
- Indosat Catat Kenaikan Lalu Lintas Data Double-Digit di Periode Tahun Baru