Sindir Dinasti Jokowi, Rizal Ramli: Tidak Pernah Berjuang, Tapi Ketika Berkuasa Merusak Demokrasi

Rizal Ramli/net
Rizal Ramli/net

Politik dinasti Presiden Joko Widodo kembali menjadi sorotan publik. Terlebih setelah Jokowi diyakini telah memberi restu kepada anak bungsunya, Kaesang Pangarep untuk maju menjadi calon Walikota Depok.


Padahal sejarah sudah mencatat bahwa Jokowi adalah presiden pertama anak dan menantunya menjadi walikota di saat bersamaan.

“Nggak tahu malu,” begitu tokoh senior, DR. Rizal Ramli menanggapi dinasti yang tengah dirajut Jokowi, lewat akun Twitter pribadinya, Senin pagi (3/7).

Menurut Menko Perekonomian era Presiden Gus Dur itu, apa yang dipertontonkan keluarga Jokowi akan merusak demokrasi. Sebab, Jokowi sebagai pemimpin negeri justru memberi contoh bagaimana dinasti dibentuk oleh penguasa.

“Tidak pernah berjuang untuk demokrasi, tetapi ketika berkuasa merusak demokrasi dan membangun dinasti bisnis-politik,” sambungnya.

Diingatkan Rizal Ramli, banyak raja nusantara yang telah berkorban dalam membentuk republik. Mereka menanggalkan dinasti kekuasaan yang dimiliki demi untuk melebur dalam NKRI.

Jokowi seolah menjadi antitesa perjuangan raja-raja nusantara itu. Sebab, mantan walikota Solo itu justru tengah berpikir ke belakang dengan menyiapkan kerajaannya sendiri.

“Padahal dulu raja-raja berkorban untuk membentuk republik. Eh, ndak tahu diri, malah mau bikin kerajaan! Norak,” demikian Rizal Ramli.