Libur Panjang Hari Raya Nyepi, 9 Ribu Tiket KA di Divre III Sudah Terjual 

Kereta jarak jauh yang berada di Stasiun Kertapati. (ist/rmolsumsel.id)
Kereta jarak jauh yang berada di Stasiun Kertapati. (ist/rmolsumsel.id)

Menyambut libur panjang Hari Raya Nyepi, Senin (11/3/2024) mendatang, KAI Divre III Palembang telah menyiapkan total 11.870 tiket untuk memfasilitasi kebutuhan perjalanan masyarakat. 


Tiket ini tersedia untuk 6 perjalanan operasional KA Bukit Serelo relasi Kertapati - Lubuk Linggau (PP), KA Rajabasa relasi Kertapati - Tanjung Karang (PP), dan KA komersial Sindang Marga relasi Kertapati - Lubuk Linggau (PP).

Manajer Humas KAI Divre III Palembang, Aida Suryanti, menyatakan, persiapan ini bertujuan untuk mengakomodir kebutuhan pelanggan yang akan melakukan perjalanan pada periode 8-12 Maret 2024, yang bertepatan dengan libur Nyepi dan cuti bersama. 

Selain itu, libur panjang ini juga berlangsung di awal Ramadan 1445 H, sehingga banyak masyarakat yang menggunakan momen ini untuk berkumpul bersama keluarga.

"Sebanyak 9.796 tiket atau 83 persen dari total ketersediaan telah terjual. Tiket yang masih tersedia dapat dipesan melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, serta seluruh channel resmi pemesanan tiket KA lainnya," jelas Aida.

Aida juga mengingatkan kembali tentang aturan penggunaan stop kontak di dalam kereta api. Fasilitas stop kontak atau colokan listrik yang tersedia di setiap kursi kereta api hanya boleh digunakan untuk mengisi daya perangkat seperti handphone, tablet, atau laptop. 

Hal ini mengingat beberapa kasus viral penggunaan stop kontak untuk keperluan lain seperti menanak nasi atau menggunakan kipas angin portable.

"Penggunaan stop kontak untuk keperluan lainnya seperti alat elektronik rumah tangga tidak diperbolehkan karena dapat mengganggu penumpang lain atau bahkan membahayakan keselamatan dan kenyamanan perjalanan," tambah Aida.

Selain itu, penggunaan alat elektronik dengan daya listrik besar secara berlebihan dan bersamaan juga dapat mengganggu fungsi kelistrikan kereta secara keseluruhan. 

Jika penumpang mengalami kendala selama perjalanan, seperti AC yang kurang berfungsi optimal, mereka dapat menghubungi petugas Kondektur yang bertugas. Nomor handphone petugas Kondektur tertera di dinding setiap kereta.

"Kami mengimbau kepada pelanggan untuk saling menghormati dan menjaga ketertiban selama perjalanan. Kami juga mengajak pelanggan untuk selalu mematuhi aturan dan menjaga fasilitas kereta untuk kenyamanan bersama," tutup Aida.