BRI Klarifikasi Soal Uang Nasabah di Palembang Raib: Transaksi Terjadi via BRImo, Data Rahasia Jadi Tanggung Jawab Pengguna

Kantor BRI. (ist/rmolsumsel.id)
Kantor BRI. (ist/rmolsumsel.id)

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk angkat bicara terkait laporan seorang nasabah, Indah Diana (24), yang kehilangan uang sebesar Rp2,5 juta secara misterius dari rekening miliknya.


Indah sebelumnya melapor ke Polrestabes Palembang karena merasa tidak melakukan transaksi apapun.

Pimpinan Cabang BRI A Rivai Dolly Senja Permadi menegaskan berdasarkan penelusuran internal, transaksi yang menguras saldo nasabah terjadi melalui aplikasi BRImo.

“BRI telah melakukan penelusuran dan memastikan bahwa transaksi tersebut dilakukan melalui BRImo. Transaksi hanya bisa diproses jika user ID, password, dan PIN dimasukkan secara lengkap oleh pengguna,” ujar Dolly dalam keteranganya, Rabu (28/5/2025).

Ia menambahkan, informasi akses seperti PIN, OTP, dan password bersifat sangat rahasia dan menjadi tanggung jawab penuh pemilik rekening.

“Jika ada pihak yang mengaku dari BRI dan meminta data tersebut, dapat dipastikan itu adalah upaya penipuan. Kami tidak pernah meminta data pribadi nasabah melalui saluran apa pun,” tegasnya.

BRI menyatakan terus memperkuat sistem keamanan digital untuk melindungi dana dan data nasabah. Selain itu, nasabah juga diimbau untuk tidak sembarangan mengakses tautan mencurigakan dan tidak memberikan data pribadi kepada siapa pun, termasuk yang mengatasnamakan bank.

Untuk tindak lanjut laporan, Dolly menyebut pihaknya akan tetap mengikuti proses investigasi internal sesuai prosedur, dengan estimasi waktu hingga 10 hari kerja.

“Kami terbuka terhadap proses ini dan siap berkoordinasi dengan pihak berwenang,” tambahnya.

Sebelumnya, Indah Diana melaporkan kehilangan uang ke Polrestabes Palembang. Ia mengaku tidak pernah melakukan transfer, namun mendapati uang Rp2,5 juta di rekeningnya raib dan tercatat ditransfer ke rekening atas nama M Lutfi Hasibuan.