2.440 Pesepeda di Indonesia Ikuti Sriwijaya Ranau Gran Fondo 2021

Para pesepeda yang ikuti Sriwijaya Gran Fondo. (Istimewa/rmolsumsel.id)
Para pesepeda yang ikuti Sriwijaya Gran Fondo. (Istimewa/rmolsumsel.id)

Even bersepeda Sriwijaya Ranau Gran Fondo (SRGF) 2021 yang digelar di OKU Selatan menyedot perhatian pecinta sepeda di tanah air. Hingga Selasa (9/11), tercatat sudah ada 2.440 peserta yang telah mendaftar secara online. Jumlah tersebut belum termasuk peserta yang mendaftar secara offline.


Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumsel, Aufa Syahrizal mengatakan, diprediksi jumlah peserta akan terus bertambah hingga hari pelaksanaan, Kamis 13 November 2021 mendatang. “Kalau dari tahun-tahun sebelumnya, jumlahnya akan bertambah pada hari pelaksanaan. Jadi kemungkinan prediksi kami tahun ini jumlah peserta bisa mencapai 2.700-2.800 orang,” kata Aufa saat dibincangi.

Aufa menuturkan, jumlah peserta tersebut berasal dari 20 provinsi yang ada di Indonesia. Sementara untuk kepesertaan dari luar negeri masih belum ada lantaran berbagai negara masih melakukan kebijakan lockdown.

“Tapi kita lihat saja nanti pada hari pelaksanaan. Biasanya ada saja peserta dari luar negeri yang ikut,” ungkapnya.

Jumlah peserta, kata Aufa jauh lebih tinggi dari pelaksanaan tahun sebelumnya. Menurut Aufa, peserta SRGF 2020 lalu hanya mencapai sekitar dua ribuan peserta. Menghadapi massa peserta yang begitu banyak, panitia telah melakukan berbagai langkah persiapan. Mulai dari penyebaran tenaga medis di berbagai lokasi acara, penyediaan vaksin bagi peserta dan berbagai persiapan lainnya.

“Peserta disini wajib melakukan vaksinasi. Kami menyediakan tempat khusus bagi mereka yang belum melaksanakan vaksinasi,” terangnya.

Ia mengatakan, pada even tahun ini ada tiga jenis kategori yang digelar. Diantaranya kategori road bike yang akan menempuh lintasan sejauh 132 kilometer, kategori mountain bike dengan lintasan 68 kilometer dan kategori sepeda mini dengan jarak tempuh 34 kilometer.

“Beberapa jalur juga sudah ada yang kami perbaiki dan evaluasi. Jalur yang ditempuh pesepeda akan menyajikan berbagai potensi pariwisata di OKU Selatan,” ungkapnya.

Menurut Aufa, even kali ini juga nantinya bakal dihadiri Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno. “Jika tidak ada halangan, Menparekraf akan hadir. Sudah kami sampaikan undangannya,” terangnya.

Dijelaskan Aufa, pelaksanaan SRGF 2021 menjadi even besar pertama di tahun ini yang mengundang cukup banyak peserta. Ia berharap, even ini bisa menjadi pemantik even besar lainnya di tengah kondisi Pandemi Covid-19 yang sudah berangsur pulih.

“Even ini juga menjadi pertanda kebangkitan industri pariwisata di saat pandemi. Seluruh tempat penginapan di OKU Selatan dan sekitarnya hampir penuh. Mudah-mudahan bisa memberikan dampak positif bagi perekonomian warga,” pungkasnya.