1.980 Personel Gabungan Kawal Laga Krusial Indonesia Lawan Thailand di SUGBK Nanti Sore

Ist/Rmolsumsel.id
Ist/Rmolsumsel.id

Laga penting bagi Timnas Indonesia dalam perjuangan mereka meraih juara Piala AFF 2022 bakal dapat pengawalan ketat. Setidaknya ada 1.980 personel gabungan yang diturunkan untuk mengamankan laga yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis sore (29/12) nanti.


Disampaikan asisten Kapolri Bidang Operasi (Asops), Irjen Agung Setya Imam Efendy, personel gabungan tersebut terdiri dari anggota Polri, TNI, Satpol PP, pemadam kebakaran, dan petugas kesehatan.

"Untuk pengamanan kami siapkan 1.980 petugas Pam Polri dengan TNI dan Satpol PP, damkar dan kesehatan," sebut Agung, Rabu (28/12).

Agung merinci, pengamanan dari petugas kepolisian berada di zona 2 di luar lapangan, sedangkan untuk pengamanan di zona 1 mulai dari lapangan hijau hingga tribun dan pintu masuk disiapkan 500 steward. 

Agung pun memastikan, dalam laga ketiga yang dilakoni Tim Merah Putih di Piala AFF 2022 ini, SUGBK tetap belum diizinkan menampung sesuai kapasitas maksimal yaitu 77.193 orang.

"Hari ini penonton yang dapat masuk Stadion GBK 50 ribu orang," jelasnya. 

Sesuai arahan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat mengecek kesiapan SUGBK pada Selasa lalu (20/12), Agung juga memastikan Polri akan berada di ring luar lapangan. Polisi baru akan masuk ke lapangan bila ada permintaan dari petugas keamanan yang berada di dalam lapangan.

Selain itu, seluruh anggota Polri yang mengamankan pertandingan di lapangan sepak bola tidak boleh membawa senjata api dan gas air mata. Bergerak berdasarkan kondisi di lapangan sesuai kondisi yang ditetapkan, yakni kondisi kuning, hijau, dan merah (ancaman).

Untuk itu, Agung mengimbau para penonton atau suporter yang menonton pertandingan hari ini untuk tertib dan menjaga perilaku dengan baik. Tidak membawa barang-barang berbahaya, serta duduk di kursi sesuai nomor tempat duduk dan tribun yang tercantum dalam tiket.

"Sehingga dapat menikmati pertandingan Indonesia melawan Thailand hari ini," tandasnya.