LRT Sumsel terus berinovasi untuk memberikan pengalaman perjalanan yang nyaman dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Salah satu langkah terbarunya adalah meningkatkan kemudahan pembayaran non tunai dengan menyediakan mesin EDC (Electronic Data Capture) dan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) di seluruh stasiun.
- Tembus Rekor! LRT Sumsel Layani 343 Ribu Lebih Penumpang Selama Angkutan Lebaran 2025
- Lonjakan Penumpang, LRT Sumsel Layani 31 Ribu Lebih Pelanggan pada Hari Keempat Lebaran
- Hadapi Libur Lebaran, LRT Sumsel Tambah Perjalanan, Lakukan Ramp Check Fasilitas
Baca Juga
Manager Humas KAI Divre III Palembang, Aida Suryanti, menjelaskan metode pembayaran ini mendukung implementasi Environmental, Social, and Governance (ESG).
“PT KAI Divre III Palembang bersama Balai Pengelola Kereta Api Ringan Sumsel (BPKARSS) terus meningkatkan pelayanan. Pengguna kini dapat melakukan pembayaran non tunai menggunakan berbagai jenis kartu uang elektronik dari Bank Himbara, Bank Daerah, serta QRIS,” jelas Aida.
Saat ini, pembayaran QRIS tersedia di seluruh 13 stasiun LRT Sumsel. Selain itu, enam stasiun sudah dilengkapi mesin EDC, yaitu Stasiun Bandara SMB II, Stasiun Asrama Haji, Stasiun Bumi Sriwijaya, Stasiun Ampera, Stasiun Polrestabes, dan Stasiun DJKA.
Langkah ini memberikan fleksibilitas kepada pengguna untuk memilih metode pembayaran yang paling nyaman. Tarif perjalanan LRT Sumsel tetap terjangkau, yaitu Rp5.000 untuk tujuan stasiun non-bandara dan Rp10.000 untuk rute dari atau menuju Stasiun Bandara SMB II.
Sebagai operator, PTKAI Divre III Palembang terus mencatatkan peningkatan jumlah penumpang. Sepanjang 2024, LRT Sumsel melayani 4.350.217 penumpang dengan rata-rata harian 12.448 orang, naik 6,5 persen dari tahun sebelumnya.
Dengan jam operasional mulai pukul 05.06 hingga 20.43 WIB, LRT Sumsel terus berupaya menjadi moda transportasi yang praktis dan ramah lingkungan.
“Kami berkomitmen untuk meningkatkan layanan demi kenyamanan pengguna. Dengan berbagai pilihan pembayaran non tunai, perjalanan menggunakan LRT Sumsel kini semakin praktis dan menyenangkan,” tutup Aida.
- Tembus Rekor! LRT Sumsel Layani 343 Ribu Lebih Penumpang Selama Angkutan Lebaran 2025
- Lonjakan Penumpang, LRT Sumsel Layani 31 Ribu Lebih Pelanggan pada Hari Keempat Lebaran
- Hadapi Libur Lebaran, LRT Sumsel Tambah Perjalanan, Lakukan Ramp Check Fasilitas