Tol Muara Enim - Lubuklinggau Dipastikan Tetap Berjalan

Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe.(foto Istimewa)
Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe.(foto Istimewa)

Proyek pembangunan jalan tol Muara Enim - Lubuklinggau dipastikan tetap berjalan seperti awal rencana. Kepastian itu berdasarkan Perpres bahwa 2023-2024 diupayakan penyelesaian tahap 1 dan 2.


"Exit tol itu tidak ada perubahan. Karena begini, ada pergeseran pelaksanaan pembangunan. Karena trase kedua ini, nah kita masuk yang keempat yang dimulai 2024," kata Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe, Jumat (3/2).

Menurut Nanan, pengerjaan tol kemungkinan di 2023 ini akan menyelesaikan dari Prabumulih dan Muara Enim. Sedangkan di 2024 kata dilanjutkan dari Muara Enim ke Lubuklinggau. 

"Jadi tetap rencana seperti di awal, cuma pergeseran pelaksanaannya saja,”ujarnya.

Sebab kata Nanan, akan mati kota-kota yang lain nanti bila tol langsung tembus dari Tanjung Enim ke Bengkulu.

"Tidak hidup lagi kota-kota yang lainnya kalau tol-nya langsung tembus dari Tanjung Enim langsung ke Bengkulu," jelasnya. 

Sementara itu kepastian akan dilanjutkannua tol trase Muara Enim - Lubuklinggau juga disampaikan oleh Kepala Dinas PUPR Kota Lubuklinggau Achmad Asril Asri.

Asril menjelaskan, trase Muara Enim-Lubuklinggau sudah ada di Perpres dan menjadi Proyek Strategis Nasional (PSN). Lalu untuk proyek tol Muara Enim - Lubuklinggau, masuk tahap 4. 

"Saat ini kan tahap 2 Indralaya - Prabumulih sudah hampir rampung," bebernya.

Setelah itu akan dilanjutkan tahap 2 yakni Prabumulih - Muara Enim. "Baru setelah itu tahap empat Muara Enim - Lubuklinggau. Dalam Perpres itu disebutkan bahwa 2023-2024 diupayakan penyelesaian tahap 1 dan dua," timpal Asril.

Terkait jadwal pelaksanaan tahap 4 dilakukan pada 2024. Ia menambahkan dilanjutkan saat Presiden baru mengenai trase apakah ada perubahan, Asril mengaku belum dipastikan.

 "Mudah-mudahan sesuai dengan penlok (lokasi) yang lama," katanya.

Sejauh ini sambung Asril, Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau tidak ada kendala mengenai tol. Sebab jalur masuk pintu tol sudah disiapkan. 

“Tinggal di pusat lagi saat ini kemungkinan terkendala anggaran,”ujarnya.