Timnas Indonesia Juara Piala AFF U16

Selebrasi Rizky Kafiatur usai menjebol gawang Vietnam di final. Hasil itu mebuat timnas Indonesia U16 keluar sebagai juara di Piala AFF U16/Fot:PSSI
Selebrasi Rizky Kafiatur usai menjebol gawang Vietnam di final. Hasil itu mebuat timnas Indonesia U16 keluar sebagai juara di Piala AFF U16/Fot:PSSI

Timnas Indonesia U16 berhasil menjuarai turnamen Piala AFF U16, kepastian itu didapat setelah skuad berjuluk Garuda Asia sukses menaklukan Vietnam di final dengan skor 1-0 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jum'at (12/8).


berlangsung ketat sejak awal pertandingan. Pada menit ke-28, Timnas U-16 mendapat tendangan bebas di depan kotak penalti. Bola diambil oleh Riski Afrisal. Namun, tendangannya masih bisa diamankan kiper Vietnam. Pada menit ke-40, Kaka punya peluang mencetak gol usai menerima umpan lambung Habil ke kotak penalti.  

Hanya saja, gangguan dari dua pemain Vietnam membuatnya gagal menyelesaikan peluang dengan sempurna.  Di akhir babak pertama, gol yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba. 

Kafiatur Rizk melepaskan sepakan kaki kiri, dan mengirim bola masuk ke gawang Vietnam. Indonesia unggul 1-0 saat jeda. Di awal babak kedua atau menit ke-52, Indonesia mendapatkan peluang emas di muka gawang Vietnam. Namun, umpan dari  Rizdjar Nurviat Subagja gagal dimaksimalka.

Di awal babak kedua atau menit ke-52, Indonesia mendapatkan peluang emas di muka gawang Vietnam. Namun, umpan dari  Rizdjar Nurviat Subagja gagal dimaksimalka. Pada menit ke-70, pertandingan Indonesia vs Vietnam berlangsung ketat dalam guyuran hujan. 

Pada menit ke-89 Vietnam nyaris menyamakan skor. Phan Thanh Duc Thien melepaskan tendangan di dalam kotak penalti. Beruntung kiper Indonesia Andrika Fathir Rachman masih bisa menyelamatkan. 

Pada menit ke-90+2 pelatih Vietnam U-16 Nguyen Quoc Tuan mendapatkan kartu merah dari wasit asal Laos Xaypaseth Phongsanit karena terlalu banyak melakukan protes. Sempat juga terjadi keributan antar pemain di pengujung pertandingan, meski akhirnya dapat diredam wasit. 

Hingga pertandingan berakhir tak ada gol tambahan yang tercipta. Indonesia mampu menang 1-0 atas Vietnam dan juara Piala AFF U-16 2022.