Terjebak Macet Diperlintasan Rel, Mini Bus Ringsek Ditabrak Kereta Api

Kondisi minibus yang hancur usai ditabrak kereta api babaranjang. (Noviansyah/RMOLSumsel.id).
Kondisi minibus yang hancur usai ditabrak kereta api babaranjang. (Noviansyah/RMOLSumsel.id).

Satu unit mobil minibus ringsek usai dihantam kereta api babaranjang di jalur kereta Api Km 394 +3/4 ilir jalan Rumah Tumbuh, Kecamatan Muara Enim, Selasa (3/5) siang.


Kapolres Muara Enim, AKBP Aris Rusdiyanto melalui Kasatreskrim AKP Widi Andhika Darma mengatakan, telah terjadi kecelakaan KA  Kereta Babaranjang  Nomer KA 3077, nomer lambung CC 205 1327, Lokomotif kedua CC 2051326 dari arah tarahan menuju Tanjung Enim dengan Mobil Avanza Hitam dengan Nopol BG 1328 DM.

Dikatakan Widi, kejadian bermula saat mobil yang dikendarai korban Marsisyani Adi (53) berjalan berjalan dari jalur Lintas Palembang  hendak menyeberangi jalur kereta kearah Rumah Tumbuh.

"Saat itu ada petugas perawatan Jalan Rel PT KAI yakni Ridwan kebetulan melintas di TKP mencoba membantu mengatur kondisi jalan di TKP yang sedang macet, mobil korban yang berada di TKP saat itu tidak bisa bergerak maju dan mundur," ujar Widi

Lanjut Widi, Sedangkan jalur kereta lampu hijau yang artinya kereta terus melaju, kemudian saat dilihat kereta melintas sudah sangat dekat korban berinisiatif menurunkan penumpang mobil. 

"Saat penumpang telah turun, 5 menit kemudian kereta menabrak Mobil Korban yang berada di TKP dan terseret sejauh 100 meter, atas kejadian tersebut mobil korban mengalami kerusakan berat dengan kerugian materil sekira Ep150 juta," kata dia. 

Dugaannya, Kata Widi, terjadinya Laka KA antara Kereta Babaranjang dan Mobil Avanza tersebut disebabkan karena tidak adanya petugas yang mengatur persimpangan  Lajur Kereta dan jalan umum.